Peningkatan Keterampilan Pembuatan Media Pembelajaran Guru Sekolah Dasar Melalui Seminar Inovasi Pembelajaran

PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU SEKOLAH DASAR MELALUI SEMINAR INOVASI PEMBELAJARAN
Kegiatan Zoom Meeting PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU SEKOLAH DASAR MELALUI SEMINAR INOVASI PEMBELAJARAN
0 Komentar

 

Faktor Pendukung dan Faktor Kendala

Hal-hal yang mendukung berjalannya kegiatan pengabdian ini dapat diidentifikasi diantaranya antusiasme para peserta seminar. Antusisme dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang muncul ketika pelaksanaan sesi diskusi setelah pematerian berlangsung. Faktor kendala pelaksanaan kegiatan pengabdian salah satunya adalah jaringan internet peserta yang terkadang terkendala sehingga dalam pertemuan di Zoom tidak optimal.

Program tindak lanjut berdasarkan pemaparan yang telah diuraikan diatas ditemukan hasil dan kendala dalam kegiatan tersebut. Dari hal tersebut maka akan diadakan program tindak lanjut untuk meningkatkan pencapaian tujuan yang telah dirumuskan sebelumnya.

Adapun beberapa program tindak lanjut yang akan dilaksanakan dalam jangka panjang, yaitu:

Observasi Secara Berkala di Lingkungan yang Sama

Baca Juga:Terakhir, BPBD Sumedang Serahkan Logistik Korban Longsor Tiga Produk Gadget Laris di Pasaran

Dalam rangka evaluasi dari hasil seminar, maka direncanakan untuk melaksanakan observasi terhadap beberapa keluarga. Dalam kegiatan observasi ini kita mengamati beberapa pembiasaan yang telah berubah dan merupakan implementasi dari kegiatan tersebut.

Selain itu, kita juga mencatat beberapa faktor kendala dan pendukung dalam implementasinya untuk dijadikan bahan dalam seminar berikutnya. Selain itu observasi ini dilakukan bukan hanya pada orang tua yang berhasil mengimplementasikan nya tetapi juga pada orang tua yang memiliki kendala. Maka pada pelaksanaan selanjutnya dapat dicari referensi lain dalam menangani masalah tersebut.

Pelatihan lanjutan terhadap guru

Pelatihan ini merupakan sebuah upaya untuk membantu guru ketidakpercayaan diri guru akan keterampilan yang dimilikinya dalam mengembangkan media pembelajaran yang kreatif.

Dengan pelatihan lanjutan yang akan diberikan kepada guru diharapkan nantinya guru dapat menambah keterampilan, wawasan serta kepercayaan diri para guru tentang hakikat media pembelajaran dan mendesain media pembelajaran, sehingga mereka termotivasi untuk mengembangkan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didiknya.

Pemetaan Sekolah Lokasi Pengabdian

Sekolah yang menjadi lokasi pengabdian hendaknya dipetakan lebih lanjut, sehingga sekolah yang menjadi lokasi pengabdian adalah sekolah yang betul-betul membutuhkan pendampingan dan apa yang diabdikan oleh tim pengabdian akan sangat bermanfaat untuk sekolah.

Simpulan kegiatan ini mengusung tema “Peningkatan Keterampilan Media Pembelajaran Guru Sekolah Dasar Melalui Seminar Inovasi Pembelajaran”.

0 Komentar