Peningkatan Keterampilan Pembuatan Media Pembelajaran Guru Sekolah Dasar Melalui Seminar Inovasi Pembelajaran

PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU SEKOLAH DASAR MELALUI SEMINAR INOVASI PEMBELAJARAN
Kegiatan Zoom Meeting PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU SEKOLAH DASAR MELALUI SEMINAR INOVASI PEMBELAJARAN
0 Komentar

sumedang, KOTA – Media pembelajaran mempunyai peranan sangat penting dalam proses belajar mengajar didalam kelas. Seorang guru hendaknya dapat menciptakan media pembelajaran yang kreatif dan menarik sehingga dapat memotivasi siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas dengan baik.

Akan tetapi ketidakpercayaan diri guru akan keterampilan yang dimilikinya dalam mengembangkan media pembelajaran kerapkali menjadi salah satu faktor penghambat guru untuk berkreasi menciptakan media pembelajaran yang inovatif. Tujuan utama dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk menambah keterampilan, wawasan serta kepercayaan diri para guru tentang hakikat media pembelajaran dan mendesain media pembelajaran. Sehingga, mereka termotivasi untuk mengembangkan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didiknya.

Adapun kegiatan utama pengabdian masyarakat ini berupa seminar inovasi pembelajaran dan pemberian bantuan kepada guru dalam membuat media pembelajaran yang inovatif dengan menggunakan konsep yang sudah disetujui oleh guru kelas. Dengan adanya hasil pengabdian ini diharapkan berimplikasi terhadap peningkatan efektivitas dan kualitas proses pembelajaran pada sekolah dasar.

Lokasi dan Khalayak Sasaran

Baca Juga:Terakhir, BPBD Sumedang Serahkan Logistik Korban Longsor Tiga Produk Gadget Laris di Pasaran

Wilayah sasaran kegiatan pengabdian ini yaitu berada pada wilayah Kabupaten Sumedang Jawa Barat, tepatnya untuk SDN Kadujajar I di Tanjungmekar, Kecamatan Tanjungkerta, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45354. Sedangkan SDN Cipanas berada di Dusun Babakan Caringin RT 01/06, Babakancaringin.

Khalayak sasaran kegiatan pengabdian ini yaitu para guru kelas SDN Cipanas yang berjumlah 12 orang. Latar belakang pemilihan khalayak sasaran kegiatan ini adalah kondisi guru belum menggunakan media pembelajaran berbasis ICT secara optimal dalam proses belajar mengajar dikarenakan kemampuan guru dalam memahami penggunaan media pembelajran berbasis ICT masih terbatas.

Melalui kegiatan pengabdian ini diharapkan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran berbasis ICT dapat meningkat dan berdampak positif bagi keberhasilan proses pembelajaran di dalam kelas.

Langkah-langkah Kegiatan Pengabdian Peningkatan Keterampilan Pembuatan Media Pembelajaran Guru Sekolah Dasar melalui seminar inovasi pembelajaran dilaksanakan dengan uraian sebagai berikut:

Perencanaan Kegiatan

Perencanaan pada pengabdian ini dilakukan dengan melakukan koordinasi pelaksanaan pengabdian dengan berbagai pihak yang dilaksanakan pada bulan Juni 2022 dengan agenda kegiatan:

0 Komentar