Pasca Longsor di Cadas Pangeran, Pengendara Diimbau Waspada

Pasca Longsor di Cadas Pangeran, Pengendara Diimbau Waspada
Beberapa petugas BPBD Sumedang saat melakukan penebangan pohon di Cadas Pangeran beberapa waktu lalu (ist)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Ruas Jalan Cadas Pangeran telah bisa dilalui kembali kendaraan pasca terjadinya longsor yang terjadi beberapa waktu lalu.

Meskipun demikian, masyarakat khususnya pengguna jalan Cadas Pangeran diimbau agar selalu berhati-hati berkendara apalagi pada saat terjadi hujan dengan curah hujan tinggi.

“Saya minta masyarakat yang melintas di sepanjang jalan Cadas Pangeran agar bersabar dan selalu berhati-hati. Apalagi jika terjadi hujan dengan intensitas sedang menuju tinggi, lebih baik menepi terlebih dahulu dan mencari tempat aman,” ujar Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang Adang saat ditemui di kantornya, Kamis (17/11).

Baca Juga:Truk Rem Blong, Sopir Tewas TergencetPerkuat Rantai Pasok Industri Otomotif, BRI Salurkan Pembiayaan untuk IKM Lokal

Adang mengatakan, pihaknya telah memonitor secara terpadu dan melakukan penanganan pasca terjadinya longsor di Cadas Pangeran.

“Penanganan yang kami lakukan yakni pemasangan tujuh unit terpal, pembersihan material bekas longsoran, serta melakukan monitoring secara terpadu ke lapangan,” ujarnya

Adang menerangkan, pihaknya melaksanakan Rapat Koordinasi terkait rencana pemangkasan pohon yang berpotensi tumbang di kawasan Jalan Cadas Pangeran.

“Kesimpulannya terdapat 22 pohon yang rawan, 21 pohon akan dipangkas dan 1  pohon ditebang. Penebangan 1 pohon sudah direalisasikan pada Selasa 15 November 2022 bersama dengan pihak terkait lainnya,” terangnya.

Adapun pohon yang lainnya, kata Adang, menunggu cuaca dan kesiapan petugas yang akan melakukan eksekusi dengan memperhatikan masukan-masukan non teknis dari masyarakat sekitar.

“Kami juga berencana mengecor tebing yang berpotensi longsor dengan terlebih dahulu mengeluarkan material batu yang sudah tidak kokoh,” tuturnya.

Pihaknya juga melaksanakan pendataan daerah rawan kecelakaan dan rawan bencana alam di sepanjang jalan nasional dan wilayah hukum Polres Sumedang.

Baca Juga:Seperti Remaja! Ini Rahasia Istri Presiden Korea Selatan Tetap Awet Muda di Usia Setengah AbadJenazah Hidup Lagi yang Viral, Ternyata Hanya Pura-pura Karena Dikejar Utang

“Terkait longsoran yang kembali terjadi pada hari Kamis 10 November 2022 dengan membawa material pohon, ternyata pohon itu adalah salah satu yang sudah kami identifikasi sebelumnya,” tuturnya. (red)

0 Komentar