Cibuluh Menuju Desa Mandiri, Gelar Milangkala ke 48

Cibuluh Menuju Desa Mandiri, Gelar Milangkala ke 48
Kepala Desa Cibuluh Dudung Sudrajat (kanan) melakukan foto bersama dengan pemenang turnamen bolavoli 8 besar di Milangkala Desa Cibuluh ke 48 (ist)
0 Komentar

sumedang, UJUNGJAYA – Pemerintah Desa Cibuluh Kecamatan Ujungjaya menggelar milangkala desa ke 48.

Berbagai rangkaian kegiatan akan mewarnai Milangkala Desa Cibuluh ke 48. Di antaranya, Turnamen Bolavoli 8 besar Cibuluh Cup, Guar Sejarah Cibuluh, Khitanan Massal, Panggung Hiburan dan Pemberian Doorprize.

“Kegiatan dimulai tanggal 19 November dengan Turnamen Bola Voli Cibuluh Cup. Kegiatan ini dilakukan untuk mempersatukan masyarakat sekaligus melakukan even olahraga yang digemari masyarakat selain mencari bakat pemain potensial,” ujar Kepala Desa Cibuluh Dudung Sudrajat, belum lama ini.

Baca Juga:Wabup Sumedang: Belum Pikirkan Pilkada 2024Lakukan Kerja Nyata Pencegahan Kasus HIV AIDS di Sumedang

Sementara, kata dia, rangkaian kegiatan diakhiri dengan Panggung Hiburan dan Pemberian Doorprize pada tanggal 21 November 2022. Ada juga kegiatan hadloroh ke makam-makam nenek moyang, kegiatan pembacaan rajah dan guar sejarah.

“Kegiatan Guar Sejarah diulang-ulang setiap tahun supaya masyarakat mengenal sejarah Cibuluh ini,” ujarnya.

Dia menuturkan, kegiatan milangkala Cibuluh dilakukan untuk merilis kembali sejarah Cibuluh supaya dikenang oleh masyarakat atau generasi muda sekarang. Jadi darimana asal Cibuluh, berdiri kapan dan pecahan darimana serta sekarang programnya dapat diketahui.

“Sehingga, masyarakat mengenali profil secara khusus tentang Cibuluh. Dimana sekarang Cibuluh lagi transisi kewilayahan dari agraris menuju industri. Perpindahan ini dicoba dengan kegiatan ini untuk dijelaskan ke masyarakat. Supaya sosialisasinya efektif.

“Kalau sekaramg ke setiap dusun kan sunah untuk kumpul, mudah-mudahan dalam acara puncaknya masyarakat kumpul karena kita membagikan doorprize mengenal seluruh kegiatan ini dan tujuannya,” terangnya.

Dikatakan, kegiatan milangkala Desa Cibuluh rutin dilaksanakan setiap tahun. Kegiatan ini merupakan ungkapan rasa syukur pemerintah desa dan masyarakat Desa Cibuluh.

“Selain itu, juga ungkapan rasa terima kasih kepada para pendiri Desa Cibuluh beserta para leluhur,” tegasnya.

Baca Juga:DPMPTSP Sumedang Pastikan Pelayanan LayakPakualam Minta Kembalikan Aset Desa

Dijelaskan, kegiatan ini juga untuk menjalin silaturahmi antara Pemerintah Desa Cibuluh dengan masyarakat. Sehingga, akan lebih terjalin ikatan batin diantara keduanya.

“Lebih jauh lagi untuk memajukan Desa Cibuluh sendiri, baik dalam pembangunan, ekonomi ataupun bidang lainnya,” tegasnya.

Dia mengharapkan, kegiatan ini kedepannya lebih meriah dan dapat dilakukan setiap tahunnya. Sebagai pengingat dan introspeksi dalam melaksanakan kinerja dengan tujuan Cibuluh menuju Desa Mandiri. (atp/adv)

0 Komentar