25 Situs Arkeologi di Sumedang yang Tenggelam di Waduk Jatigede

25 Situs Arkeologi di Sumedang yang Tenggelam di Waduk Jatigede
25 Situs Arkeologi di Sumedang yang Tenggelam di Waduk Jatigede (ilustrasi/nett)
0 Komentar

7. Situs Nangkod
Berupa makam dari Embah Janggot Jaya Prakosa, yang berlokasi di Kampung Nangkod Desa Leuwihideung, Kecamatan Darmaraja.

8. Situs Sawah Jambe
Berupa tiga batu berdiri (menhir) yang terletak di wilayah Kampung Sawah Jambe, Desa Leuwihideung, Kecamatan Darmaraja.

9. Situs Lameta
Berupa makam keramat dari Embah Dira dan Embah Toa, pendatang dari Betawi yang ikut membedah aliran Cihaliwung dan Cisadane. Tokoh ini juga diberitahukan sebagai orang (tempat lalandong/berobat) Prabu Siliwangi. Situs Lameta berada di pemukiman penduduk Kampung Lameta Desa Leuwihideung, Kecamatan Darmaraja;

Baca Juga:Sepanjang Jalan Kenangan Tol CisumdawuCara Mengatasi Saldo OVO Hilang

10. Situs Betok
Kompleks makam yang berlokasi di Kampung Betok, Desa Leuwihideung, Kecamatan Darmaraja.

11. Situs Tanjungsari
Berupa kompleks makam kuno dari Embah H. Dalem Santapura bin Betara Sakti, penyebar agama Islam di Darmaraja, dengan enam makam, yang berlokasi di Dusun Kebon Tiwu, Desa Cibogo, Kecamatan Darmaraja. Di lokasi ini terdapat makam Demang Patih Mangkupraja, Patih Sumedang pada masa Pangeran Kornel dan makam-makam para juru kunci. Dekat situs terdapat sumur kuna yang disebut Cikahuripan.

12. Situs Munjul.
Berupa kompleks makam dengan makam yang utama adalah makam Singadipa, dan berlokasi di Kampung Munjul, Desa Sukamenak, masuk Kecamatan Darmaraja

13. Situs Keramat Eretan,
Berupa makam keramat Embah Geulis, istri dari Prabu Gajah Agung, dan makam-makam lain berlokasi di Kampung Cisurat, Desa Cisurat, Kecamatan Wado.

14. Situs Cipawenang
Berupa mata air yang dikeramatkan. Situs ini berada di Kampung Cigangsa, Desa Pawenang, Kecamatan Jatinunggal. Konon mata air ini dibuat secara ajaib oleh Nyi Mas Ratu Asih, putri dari Kerajaan Nunuk di Majalengka.

15. Situs Cigangsa
Berupa kompleks makam umum yang masih difungsikan sekarang. Pada bagian yang paling atas terdapat beberapa kelompok makam yang dikeramatkan, di mana terdapat makam utama yaitu makam dari Embah Dalem Raden Arya Wangsa Dinaya. Situs berlokasi di Kampung Cigangsa Desa Pawenang, Kecamatan Jatinunggal.

16. Situs Gagak Sangkur
Berupa makam keramat Raden Aria Sutadinata ( berasal dari Banten), berlokasi di Kampung Sundulan, Desa Padajaya, Kecamatan Wado.

17. Situs Tulang Gintung

0 Komentar