25 Situs Arkeologi di Sumedang yang Tenggelam di Waduk Jatigede

25 Situs Arkeologi di Sumedang yang Tenggelam di Waduk Jatigede
25 Situs Arkeologi di Sumedang yang Tenggelam di Waduk Jatigede (ilustrasi/nett)
0 Komentar

Berupa makam keramat Eyang Haji Rarasakti atau Jayasakti yang berlokasi di Pasir Leutik, Kampung Sundulan, Desa Padajaya, Kecamatan Wado.

18. Situs Keramat Gunung Penuh, berupa makam keramat Tresna Putih, yang berlokasi di Kampung Bantarawi, Desa Padajaya, Kecamatan Wado
Situs Keramat Buah Ngariung, berupa makam dari Embah Wangsapraja, penyebar Islam di Buah Ngariung, berlokasi di Kampung Buah Ngariung, Desa Padajaya, Kecamatan Wado.

19. Curug Mas,
Berupa tiga objek, yaitu pertama, kompleks makam Embah Dalem Panungtung Haji Putih Sungklanglarang, penyebar agama Islam dari Kesultanan Mataram dan makam pengikutnya yang bernama Angling Dharma, yang kedua, air terjun Curug Mas yang diyakini sebagi tempat untuk menyimpan bokor emas, bakakak (ayam dibelah) emas, dan tumpeng emas dan yang ketiga, sumur keramat yang dinamai Sumur Bandung. Situs ini berlokasi di Kampung Cadasngampar, Desa Sukakersa, Kecamatan Jatigede.

Baca Juga:Sepanjang Jalan Kenangan Tol CisumdawuCara Mengatasi Saldo OVO Hilang

20. Situs Cadasngampar,
Berupa komplek makam Aki Angkrih, seorang pendatang dari Sumatera yang mendirikan Kampung Cadasngampar, dan juga makam keluarganya, yaitu makam Aki Angkrih, Nini Angkrih, Aki Kulo dan Nini Kulo. Situs ini terletak di Dusun Cadasngampar, Desa Sukakersa, Kecamatan Jatigede.

21. Situs Tanjakan Embah
Berupa makam keramat Embah Jagadiwangsa dan Embah Sadaya Pralaya, yang berlokasi
di Desa Jemah, Kecamatan Jatigede.

22. Situs Sukagalih,
Berupa lima makam yang dilengkapi bangunan cungkup. Tokoh utama yang dimakamkan adalah pendiri desa ini yaitu Eyang Akung. Di sebelah baratnya adalah makam istrinya, selanjutnya Aki Gading dan dua makam lagi tidak diketahui namanya. Situs ini berlokasi di Dusun Sukagalih, Desa Jemah, Kecamatan Jatigede.

23. Situs Keramat Aji Putih.
Situs yang berada di Kampung Cipeueut, Desa Cipaku, Kecamatan Darmaraja, berupa makam Ratu Ratna Inten Nawangwulan, makam Prabu Aji Putih, dan makam Resi Agung.

  • Makam Ratu Ratna Inten Nawangwulan. Lokasi objek terletak di tengah persawahan Makam Ratu Ratna Inten Nawangwulan, istri dari Prabu Aji Putih sampai sekarang masih dikeramatkan oleh penduduk dan diziarahi orang, baik penduduk setempat maupun dari luar dengan berbagai keperluan.
  • Makam Prabu Aji Putih.
    Lokasi makam terletak di sebelah timur laut makam Ratu Ratna Inten Nawangwulan.
    Objek berupa makam yang terletak di puncak bukit. Bukit tersebut dikelilingi oleh parit dan tidak jauh dari Sungai Cibayawak.
  • Makam Resi Agung.
    Lokasi makam terletak di puncak bukit sebelah utara makam Prabu Aji Putih. Makam tersebut merupakan makam dari guru Prabu Aji Putih, pendiri
0 Komentar