Cara Presentasi yang Baik dan Benar di Depan Kelas atau di kantor

Cara Presentasi yang Baik dan Benar di Depan Kelas atau di kantor
Cara Presentasi yang Baik dan Benar di Depan Kelas atau di kantor (FREEPIK/PRESSAHOTKEY)
0 Komentar

3. Perhatikan Komunikasi Non-verbal

Saat kamu melakukan presentasi, panggung dan layar di depan adalah milikmu seluruhnya. Nah, presentasi yang baik bisa dinilai saat penyaji berhasil mengusai panggungnya.

Memangnya, apa maksud dari seorang pemberi presentasi yang berhasil menguasai panggung? Sederhananya, pembicara tidak terpaku di tempatnya berdiri.

Ia mampu untuk bergerak bebas sambil melakukan kontak mata dengan audiens. Hal ini disebut juga dengan kemampuan komunikasi nonverbal.

Melansir Amanet, komunikasi nonverbal sangatlah penting untuk dikuasai pemberi presentasi.

Baca Juga:Julukan Unik Putri Charlotte di Sekolah Mewakili Kepribadiannya yang Penuh SemangatKolaborasi WHO Dengan ESCEO Menargetkan Kesehatan Tulang dan Penuaan yang Lebih Baik

Pasalnya, kemampuan tersebut bisa memberikan indikasi bahwa presentator semangat dan tertarik akan kebutuhan audiensnya.

4. Perhatikan Desain Slide Materi

Tips berikutnya jika kamu ingin memberikan presentasi yang baik adalah dengan membuat desain slide yang menarik.

Mengapa demikian? Sebab, melansir Ethos3, desain slide yang baik bisa membuat audience lebih memperhatikan dan mengerti apa yang coba kamu sampaikan.

Selain itu, jika tampilan slide-mu menarik, sedikit kesalahan pada penjelasan presentasi bisa luput dari perhatian audiens.

Nah, kira-kira, seperti apa bentuk desain slide yang bisa menarik minat audiens?

Sederhana saja, hindari warna-warna yang terlalu terang, hindari penjelasan di slide yang berlebihan, serta beri warna yang kontras antara warna background dan tulisan.

5. Tetap Percaya Diri

Dalam presentasi, ingat bahwa yang kamu lakukan adalah untuk menyampaikan pesan. Bukan hanya membacakan, atau berusaha mengingat apa yang kamu akan sampaikan.

Baca Juga:Penobatan Raja Charles III Dinilai Memiliki Jangkauan yang Lebih Luas Ketimbang Era RatuKemendikbudristek Tingkatkan Mutu Pendidikan Melalui Organisasi Penggerak

Tanpa perasaan yang ceria atau rasa percaya diri yang baik, presentasimu akan terlihat datar dan tidak menarik di mata audiens.

Ingat juga untuk membuat materi yang kamu bawakan itu menyenangkan. Jika kamu secara tidak langsung menyampaikan bahwa materimu tidak menarik, audiens akan merasakan hal serupa.

Maka dari itu, jangan lupa untuk untuk tetap percaya diri dan cintai materi yang akan kamu sampaikan.

0 Komentar