Cara Presentasi yang Baik dan Benar di Depan Kelas atau di kantor

Cara Presentasi yang Baik dan Benar di Depan Kelas atau di kantor
Cara Presentasi yang Baik dan Benar di Depan Kelas atau di kantor (FREEPIK/PRESSAHOTKEY)
0 Komentar

sumedangekspres – Cara presentasi yang baik dan benar ini akan sangat berguna bagi kamu yang masih berstatus Pelajar, Mahasiswa dan seorang Karyawan yang mengharuskan kamu mempresentasikan sesuatu di kantormu.

Selain untuk Pelajar, Mahasiswa dan Karyawan cara presentasi ini yang baik ini akan berguna bagi kamu dalam kehidupan bermasyarakat.

melakukan sebuah pemaparan di depan umum tidaklah semudah kelihatannya, maka dari itu penting sekali untukmu mengetahui cara presentasi ini yang baik.

Baca Juga:Julukan Unik Putri Charlotte di Sekolah Mewakili Kepribadiannya yang Penuh SemangatKolaborasi WHO Dengan ESCEO Menargetkan Kesehatan Tulang dan Penuaan yang Lebih Baik

Kamu juga dituntut untuk belajar dan berlatih karena tidak ada orang yang bisa menjadi pembicara andal secara tiba-tiba.

Apalagi jika kamu seorang Mahasiswa dan Karyawan, presentasi adalah hal yang sering kamu lakukan di kehidupan profesional dan pendidikan tersebut.

Baik tanpa perlu berlama-lama lagi kamu bisa menyimak tipsnya di bawah ini, ya!

1. Persiapan Diri

Persiapan yang baik membantu setengah dari kesuksesanmu.

Pernah dengar ungkapan tersebut? Ya, dengan adanya persiapan, tentunya kamu bisa memberikan presentasi yang baik.

Persiapannya sendiri meliputi latihan berbicara, membuat materi yang terstruktur, hingga memikirkan audiens yang akan menyimak presentasimu.

Nah, sejatinya, yang paling penting adalah untuk mengetahui siapa audiensmu dan bagaimana karakteristik mereka.

Sebab, dengan mengenal audiens yang akan dihadapi, kamu akan bisa merancang presentasi yang mampu menggaet minat mereka, sesuai ujaran Skills You Need.

2. Berikan Pembukaan yang Baik dan Menarik

Baca Juga:Penobatan Raja Charles III Dinilai Memiliki Jangkauan yang Lebih Luas Ketimbang Era RatuKemendikbudristek Tingkatkan Mutu Pendidikan Melalui Organisasi Penggerak

Presentasi dengan pembukaan yang buruk akan membuat audiens tidak tertarik untuk mendengarkan lanjutan dari materimu.

Maka dari itu, presentasi yang baik harus diawali dengan pembuka yang apik.

Sebagai contoh, kamu bisa tarik perhatian audiens dengan mengucapkan salam dan meminta mereka membalasnya dengan semangat.

Kamu juga bisa membuka presentasi menggunakan cerita kehidupanmu sendiri.

Misalnya, dalam sebuah presentasi pemasaran kafe, kamu bisa ceritakan kecintaanmu pada kopi dan bagaimana minuman tersebut telah membantu kehidupanmu sehari-hari.

Menurut Biteable, trik tersebut merupakan cara termudah untuk gaet minat audiens.

0 Komentar