Jenis-jenis Blockchain yang Harus Kamu Ketahui

Jenis-jenis Blockchain yang Harus Kamu Ketahui
Jenis-jenis Blockchain yang Harus Kamu Ketahui (Freepik)
0 Komentar

Lebih dari satu organisasi dapat bertindak sebagai simpul dalam jenis blockchain ini dan bertukar informasi atau melakukan penambangan.

Blockchain konsorsium biasanya digunakan oleh bank, organisasi pemerintah, dan lain sebagainya.

Keuntungan
Lebih aman
Terukur
Efisien

Kekurangan
Kurang transparan
Bisa dimanipulasi

Contoh Penggunaan
Blockchain jenis ini bisa digunakan oleh industri perbankan, di mana bank berbeda dapat bersatu dan membentuk konsorsium, memutuskan node mana yang akan memvalidasi transaksi.

Baca Juga:5 Perusahaan di Indonesia Berbasis BlockchainCara Kerja Sistem Blockchain

Organisasi penelitian dapat membuat model serupa, seperti halnya organisasi yang ingin melacak makanan. Ini ideal untuk rantai pasokan, terutama aplikasi makanan dan obat-obatan.

4. Blockchain Hybrid

Blockchain hybrid adalah kombinasi dari blockchain pribadi dan publik. Ini menggunakan fitur dari kedua jenis blockchain yang satu dapat memiliki sistem berbasis izin pribadi serta sistem tanpa izin publik.

Dengan jaringan hybrid seperti itu, pengguna dapat mengontrol siapa yang mendapatkan akses ke data mana yang disimpan di blockchain.

Hanya bagian tertentu dari data atau catatan dari blockchain yang dapat diizinkan untuk dipublikasikan dengan menyimpan sisanya sebagai rahasia di jaringan pribadi.

Sistem hybrid blockchain fleksibel sehingga pengguna dapat dengan mudah bergabung dengan blockchain pribadi dengan beberapa blockchain publik.

Biasanya, transaksi dan catatan dalam blockchain hybrid tidak dipublikasikan tetapi dapat diverifikasi saat diperlukan, seperti dengan mengizinkan akses melalui kontrak pintar.

Informasi rahasia disimpan di dalam jaringan tetapi masih dapat diverifikasi. Meskipun entitas swasta mungkin memiliki blockchain hybrid, itu tidak dapat mengubah transaksi.

Baca Juga:Karateristik, Kelebihan dan Kekurangan BlockchainBagaimana Penerapan Blockchain?

Keuntungan
Lebih aman dari 51% attack karena jaringan tertutup
Melindung privasi
Bisa berkomunikasi dengan pihak ketika
Murah, cepat, dan menawarkan skalabilitas

Kekurangan
Tidak ada insentif
Upgrade yang lebih sulit

Contoh Penggunaan
Blockchain hibrida memiliki beberapa kasus penggunaan yang banyak, salah satunya di real estate.

Perusahaan dapat menggunakan blockchain hybrid untuk menjalankan sistem secara pribadi tetapi menunjukkan informasi tertentu yang disesuaikan. Ini juga bisa digunakan untuk rekam medis yang berguna di industri kesehatan.

0 Komentar