Karateristik, Kelebihan dan Kekurangan Blockchain

Karateristik, Kelebihan dan Kekurangan Blockchain
Karateristik, Kelebihan dan Kekurangan Blockchain ( Freepik )
0 Komentar

Sistem ini meningkatan keamanan data sehingga lebih sulit untuk ditembus pihak-pihak yang tidak diinginkan.

Kelebihan dan Kekurangan Blockchain

Setelah mengetahui tentang cara kerja, tentu kamu penasaran kenapa sih sistem teknologi blockchain menjadi populer? Dan mengapa banyak orang percaya dengan sistem ini padahal ga ada bentuknya sama sekali? Apa kelebihan dan kekurangan blockchain ini?

Kelebihan Blockchain

Untuk menjawabnya, ada tiga hal utama membuat teknologi blockchain bisa dipercaya saat ini, berikut ulasannya:

1. Desentralisasi

Baca Juga:Bagaimana Penerapan Blockchain?Pengertian Blockchain, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Sebelum ada blockchain, sebenarnya sistem sentralisasi ini sudah diterapkan oleh berbagai industri termasuk Bank. Sayangnya, sistem seperti ini punya beberapa kelemahan.

Yang pertama, sistem ini hanya memusatkan data kita dan orang lain pada satu tempat saja. Hal ini tentu bisa menjadi sasaran empuk bagi para _hacke_r untuk meretas seluruh data yang tersimpan.

Bukan hanya itu, jika seandainya sistem tersebut harus melakukan maintenance ataupun perubahan, kita pun bakal jadi imbasnya. Karena jika sau berhenti, maka seluruh sistem akan berhenti juga.

Kelemahan lainnya adalah, untuk melakukan sebuah aktivitas, kita harus menggunakan pihak ketiga untuk menjembataninya. Tentu hal ini sangat tidak efektif. Nah, dengan menggunakan blockchain masalah-masalah diatas sudah terpecahkan.

Dalam buku besar terdistribusi ini, hanya kamu yang bertanggung jawab terhadap data yang tersimpan. Selain itu, kamu juga bisa memangkas waktu jika ingin bertransaksi karena blockchain tidak membutuhkan pihak ketiga untuk melakukannya.

2. Transparansi

Transparansi – yang tentunya tanpa melanggar privasi – adalah salah satu nilai plus dalam blockchain.

Semua transaksi dalam blockchain bisa kita lihat tanpa sekat. Jika begitu, bagaimana dengan privasi pengguna? Tenang dulu. Dalam proses ini, setiap identitas pengguna akan disamarkan oleh sebuah sistem bernama kriptografi.

3. Keamanan yang Sulit Ditembus

Baca Juga:Cara Blockchain Mengubah DuniaBagaimana Penggunaan dan Sistem Kerja Blockchain?

Ada beberapa alasan mengapa blockchain merupakan sistem yang sangat aman. Pertama, setiap transaksi harus disepakati sebelum dicatat. Setelah transaksi disetujui, transaksi tersebut kemudian dienkripsi dan ditautkan ke transaksi sebelumnya.

0 Komentar