Sejarah Bekasi Di Juluki Kota Patriot

Sejarah Bekasi Di Juluki Kota Patriot
Sejarah Bekasi Di Juluki Kota Patriot
0 Komentar

sumedangekspres – Bekasi Kota Patriot Kota Bekasi yang juga disebut sebagai kota patriot ini memiliki sejarah kepahlawanan di baliknya.

Pada masa penjajahan Belanda, wilayah Bekasi merupakan bagian dari Kabupaten Meester Cornelis yang kemudian menjadi Kabupaten Jatinegara.

Setelah tahun 1949, masyarakat mengusulkan kepada pemerintah untuk mengubah Kabupaten Jatinegara menjadi Kabupaten Bekasi.

Baca Juga:Sejarah Kota Bekasi Dari Jaman KerajaanSejarah Kota Depok di Juluki Kota Belimbing

Hal itu dilakukan dalam Resolusi Rakyat Bekasi 17 Januari 1950. Saat itu rakyat Bekasi menuntut agar nama Kabupaten Jatinegara diubah menjadi Kabupaten Bekasi.

Para penguasa Nusantara pada tahun 358 M. Rakyat juga menuntut agar pemerintah federal menyerahkan kekuasaan kepada Republik Indonesia, tidak mengakui pemerintahan di Bekas kecuali pemerintahan Republik Indonesia, dan mengembalikan seluruh wilayah Jawa Barat. Untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pada tahun 1960, Kantor Pemerintah Kabupaten pindah dari kawasan Jatinegara ke Jalan H. Juanda dan kemudian lagi ke Jalan Ahmad Yan, Bekasi. Perkembangannya menyebabkan lahirnya kota Bekasi yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Bekasi pada tahun 1981.

Bekasi juga dikenal sebagai kota yang banyak memasok jet tempur. Rakyat Bekasi tidak henti-hentinya berjuang untuk merebut atau mempertahankan kemerdekaan. Berbagai event battle sering diadakan di Bekas.

Karena latar belakang sejarah tersebut, Bekasi juga disebut sebagai kota patriot. Salah satu peristiwa di Bekasi yang menunjukkan patriotisme dan keberanian masyarakat Bekasi adalah peristiwa Bekasijoki.

Pemuda dan penduduk Bekasi direbut Jepang akibat kebrutalan Jepang yang menduduki Indonesia saat itu.

Sebanyak 90 tentara Jepang yang tiba di Stasiun Bekasi pada 19 Oktober 1945 langsung disergap dan dibantai oleh penduduk Bekasi. Jenazah mereka dibuang ke Kali Bekasi, membuat air sungai menjadi merah.

Baca Juga:Sejarah Kota Depok Di Sebut Belanda DepokSejarah Nama Kota Depok , Singkatan Dari Bahasa Belanda

Saksi bisu pembantaian tentara Jepang di Kali Bekasi. Peristiwa bersejarah ini telah diabadikan oleh Tugu Kali Bekasi di dekat Jembatan Kereta Api Kali Bekasi di Jalan Ir H Juanda, Bekasi Selatan.

Monumen tersebut memiliki relief yang menggambarkan kegagahan para pejuang Bekasi melawan tentara pendudukan. Dilihat dari letak geografisnya, Kota Bekasi, sebuah kota di Jawa Barat, memiliki luas wilayah 210,49 kilometer persegi.

0 Komentar