INDONESIA NEGARA BESAR, Provinsi di Indonesia yang Memiliki Luas Terkecil Adalah Seluas Negara Singapura

INDONESIA NEGARA BESAR, Provinsi di Indonesia yang Memiliki Luas Terkecil Adalah Seluas Negara Singapura
INDONESIA NEGARA BESAR, Provinsi di Indonesia yang Memiliki Luas Terkecil Adalah Seluas Negara Singapura (Image by Freepik)
0 Komentar

sumedangekspres – Provinsi di Indonesia yang memiliki luas terkecil adalah seluas Negara Singapura. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia merupakan sebuah negara yang besar.

Namun demikian, meskipun Negara Singapura memiliki luas yang sama dengan Provinsi terkecil di Indonesia, Singapura menduduki peringat pertama negara terkaya di Asia Tenggara dengan skor indeks kemakmuran 79,05.

Sedangkan Negara Indonesia memiliki skor indeks kemakmuran 60,61.

Provinsi di Indonesia yang memiliki luas terkecil adalah daerah yang hanya memiliki luas lahan kurang dari 10 persen dari keseluruhan luas wilayah di Indonesia.

Baca Juga:Sekitar 2000 Santri TKA/TPA Sumedang DiwisudaNyari Hotel Aesthetic? Ini Daftar Hotel Murah Terdekat di Bandung

Lalu provinsi manakah yang merupakan Provinsi terkecil? Provinsi di Indonesia yang memiliki luas terkecil adalah DKI Jakarta.

Selain DKI Jakarta, simak jugaa di bawah ini daftar provinsi dengan luar terkecil di Indonesia.

1. DKI Jakarta

Provinsi terkecil di Indonesia yang pertama adalah DKI Jakarta. Ibu kota negara Indonesia ini hanya memiliki luas wilayah sebesar 664,01 km2.

Jika dihitung secara matematis, luas wilayah di Jakarta hanya 0,03 persen dari wilayah Indonesia. Sangat kecil sekali, ya!

2. Daerah Istimewa Yogyakarta

Urutan kedua provinsi terkecil di Indonesia yakni Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Provinsi yang berada di selatan pulau Jawa ini hanya memiliki luas wilayah sebesar 3.133,15 km2.

Kendati nomor dua provinsi terkecil di Indonesia, tetapi tidak sekecil DKI Jakarta yang memiliki lahan tak sampai 1.000 km2.

3. Bali

Di urutan selanjutnya, provinsi terkecil di Indonesia adalah Bali. Bali merupakan provinsi sekaligus salah satu pulau yang menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Baca Juga:Interior Adalah Bagian Penting Pada Rumah, Simak Elemen dan Prinsip Penting Desain Interior DisiniPakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana Tegaskan Setiap Wartawan Harus Berfilosofi Menjadikan Semua Orang Sebagai Guru

Selain kekayaan alam yang indah, kultur budaya Bali juga menarik. Bali hanya memiliki luas lahan sebesar 5.780,06 km2.

4. Kepulauan Riau

Kepulauan Riau merupakan provinsi dengan luas wilayah terkecil keempat di Indonesia. Luas wilayah di Provinsi ini yakni 8.201,72 km2.

Dengan banyak gugus pulau yang ada di provinsi ini, menjadikan sektor bahari sebagai mata pencaharian utama masyarakat seperti nelayan atau sektor pariwisata bahari yang menjadi andalan.

0 Komentar