Inilah Gunung Tertinggi di Jawa Barat Yang Perlu Kamu Tau

Gunung tertinggi di Jawa Barat
Gunung tertinggi di Jawa Barat(facebook/gunung ceremai)
0 Komentar

sumedangekspres- Gunung tertinggi di Jawa Barat yang perlu kamu tau, ternyata  Jawa Barat memiliki banyak gunung, baik yang masih aktif sebagai gunung berapi maupun yang tidak aktif lagi. Tidak selalu berdampak buruk, keberadaan gunung berapi juga membawa dampak yang baik, misalnya material hasil letusan gunung berapi yang tersebar membuat tanah di Jawa Barat menjadi subur, kaya akan mineral dan zat lainnya yang baik untuk berbagai macam tumbuhan.

Gunung tertinggi di Jawa Barat yang perlu kamu tausesuai urutan ketinggiannya adalah sebagai berikut.

1. Gunung Ciremai

Gunung berapi aktif ini berada di tiga wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Majalengka. Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat. Puncaknya mencapai ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl).

2. Gunung Pangrango

Baca Juga:Wisata Unik dan Menyejukan di Sumedang! Bukan Hanya Sudang Ternyata di Sumedang Ada Kebun Teh di Lereng Gunung Yang Akan Memanjakan MataAda Air Terjun Menakjubkan Sampai Hutan Pinus Yang Menyejukan, Berikut Wisata Unik Sumedang Yang Wajib Kamu Kunjungi

Gunung tertinggi kedua di Jawa Barat ini berstatus tidak aktif. Puncaknya berada di ketinggian 3.019 mdpl. Gunung Pangrango berada di wilayah Kabupaten Cianjur.

3. Gunung Gede

Memiliki ketinggian mencapai 2.958 mdpl, Gunung Gede berada di posisi ketiga dalam daftar gunung tertinggi di Jawa Barat. Gunung berapi yang berstatus aktif ini berada di Kabupaten Cianjur.

4. Gunung Cikurai

Gunung yang berada di Kabupaten Garut ini merupakan gunung yang tidak aktif. Dengan ketinggian mencapai 2.821 mdpl, Gunung Cikurai menduduki posisi keempat gunung tertinggi di Jawa Barat.

5. Gunung Papandayan

Status Gunung Papandayan adalah gunung berapi aktif. Gunung yang berada di Kabupaten Garut ini memiliki ketinggian 2.665 mdpl.

6. Gunung Patuha

Gunung berapi aktif ini berada di Kabupaten Bandung. Ketinggian Gunung Patuha mencapai 2.436 mdpl.

7. Gunung Malabar

Di Kabupaten Bandung terdapat Gunung Malabar yang statusnya sudah tidak aktif lagi. Ketinggian gunung ini adalah 2.321 mdpl.

8. Gunung Guntur

Gunung Guntur adalah salah satu gunung yang berada di Kabupaten Garut. Gunung berapi aktif ini memiliki ketinggian mencapai 2.249 mdpl.

pendakigunung
Gunung Salak
9. Gunung Salak

Baca Juga:Wisata Unik Sumedang Yang Bikin Kamu Penasaran! Ada Danau Vulkanik Yang Sangat TerkenalMenginap di Hotel dengan Harga Terjangkau Kuningan Jawa Barat

Tidak terlalu jauh dari Jakarta, sekitar 60 km mengarah ke selatan, berdiri kokoh Gunung Salak dengan ketinggian mencapai 2.211 mdpl. Gunung berapi aktif ini tepatnya berada di Kabupaten Bogor.

0 Komentar