Begini Peran Media Lokal Dalam Membentuk Individualitas Kultural

Begini Peran Media Lokal Dalam Membentuk Individualitas Kultural
Begini Peran Media Lokal Dalam Membentuk Individualitas Kultural(Wiwik ddv)
0 Komentar

sumedangekspres – Begini Peran Media Lokal, Teknologi komunikasi memungkinkan kita untuk mengetahui banyak jenis informasi yang terjadi di berbagai belahan dunia. Apa yang terjadi di belahan dunia lain dapat diketahui melalui media online.

Informasi tersebut juga dibagikan melalui media sosial sehingga cepat menyebar. Tidak hanya informasi, perkembangan teknologi komunikasi juga membantu kita mempelajari budaya negara lain dengan cepat.

Misalnya, K-Pop sebagai industri budaya Korea menyebar dengan sangat cepat. Drama Korea, musik, gaya rambut, bahasa, pakaian, tari dan budaya sangat digandrungi oleh masyarakat Indonesia.

Baca Juga:Beberapa Cara Mengatasi Badan Lemas Saat Melakukan AktivitasSedikit Tipis Buat Kamu Khususnya Pelajar yang Ingin Belajar Menabung

Generasi muda mencoba meniru idola mereka dalam cara berpakaian, menata rambut, berbicara, dan menari. Fans mengidentifikasi dengan artis idola mereka. Imitasi adalah upaya untuk menjadi bagian dari budaya mereka.

Perkembangan teknologi komunikasi merupakan tantangan sekaligus peluang. Tantangan mempertahankan identitas budaya kita, sekaligus peluang untuk memperkenalkan budaya kita ke negara lain.

Jika semua pihak tidak berperan, identitas budaya kita akan semakin tergerus. Generasi mendatang akan kehilangan akar budayanya dan gagal mewujudkan identitas budayanya.

Media lokal di berbagai daerah telah berkembang dan berperan penting dalam sejarah bangsa Indonesia sejak revolusi. Media lokal tumbuh subur di berbagai kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surakarta, Yogyakarta, dan Surabaya.

Media lokal hadir dalam berbagai bentuk, mulai dari buletin, surat kabar harian, majalah, stasiun radio dan televisi.

Pada tanggal 25 Januari 1855, krama inggil Jawa pertama diterbitkan di Surakarta, disebut Bromartani. Di Bandung, surat kabar Medan Prijaji diterbitkan pada tahun 1907. Surat kabar berbahasa daerah tersebut menjadi contoh perannya dalam melestarikan identitas budaya.

Sejak masa revolusi, media lokal telah mengambil peran nyata untuk kepentingan berbagai kepentingan bangsa.

Baca Juga:Rekomendasi Tempat Wisata Unik Yang Tersembunnyi Di Sumedang, Belum Banyak Yang Tahu Nih5 Tips Mudah Agar Cepat Hamil: Bisa Dicoba Nih Yang Baru Menikah

Keberadaan pers lokal pada masa revolusi memiliki berbagai fungsi seperti menyebarkan berbagai informasi perjuangan, menyebarkan revolusi, dan memperkuat simpul-simpul identitas nasional.

0 Komentar