Daftar Lengkap Seni Dan Kesenian Lokal Sumedang Yang Dapat Kamu Lihat Dibeberapa Kesempatan

Daftar Lengkap Seni Dan Kesenian Lokal Sumedang Yang Dapat Kamu Lihat Dibeberapa Kesempatan
Daftar Lengkap Seni Dan Kesenian Lokal Sumedang Yang Dapat Kamu Lihat Dibeberapa Kesempatan (youtube.com/ Camerasableng)
0 Komentar

sumedangekspres – Berikut Daftar Lengkap Seni Dan Kesenian Lokal Sumedang Yang Dapat Kamu Lihat Dibeberapa Kesempatan.

Sumedang adalah pusat seni Jawa Barat. Keunikan dan kekayaan tradisi budaya daerah ini sangat menarik dan unik.

Banyak kesenian dan budaya khas Sumedang yang masih mempertahankan nilai-nilai leluhurnya, seperti alat musik tradisional tarawangsa yang langka dan unik.

Kesenian Tarawangsa merupakan salah satu identitas kebanggaan Sumedang.

Baca Juga:Ternyata Disini Tempatnya, Berburu Kuliner Khas Daerah Sumedang, Jawa Barat. Bukan Hanya Tahu SumedangMengenal Budaya Jawa Barat Yang Bikin Kamu Terkagum-Kagum

Alat musik ini memiliki ciri khas cara memainkannya yang unik, yaitu menggeser satu senar dan memetik senar lainnya.

Musik tarawangsa mengiringi berbagai acara dan upacara adat, termasuk syukuran atas hasil panen.

Selain tarawangsa, Sumedang juga memiliki banyak kesenian lain seperti wayang golek, seni tari, seni rupa dan seni sastra.

Keanekaragaman kesenian tersebut mencerminkan kekayaan budaya masyarakat Sumedang.

Tarawangsa lebih tua dari biola dan alat musik petik lainnya. Naskah tua Sewaka Darma dari awal abad ke-18 menyebutkan nama tarawangsa sebagai alat musik.

Biola muncul di Jawa setelah masa Islam sekitar abad 15-16. Setelah munculnya biola, tarawangsa juga dikenal sebagai biola jangkung (biola besar), karena ukuran tarawangsa biasanya lebih tinggi dari pada biola.

Tarawangsa sangat mirip dengan Morin Khuur. Ini adalah alat musik gesek yang mirip dengan biola Mongolia. Sebagai alat musik petik, tarawangsa tentu saja dimainkan dengan cara digeser.

Namun hanya satu senar yang digesek yaitu senar yang paling dekat dengan pemain sedangkan senar lainnya dimainkan dengan cara dipetik dengan jari telunjuk tangan kiri.

0 Komentar