Saung Angklung Udjo Bandung : Sejarah, Alamat, Kontak, Rute, Harga Tiket, Pertunjukan, Belajar, Kuliner dan Manfaat

Saung Angklung Udjo Bandung : Sejarah, Alamat, Kontak, Rute, Harga Tiket, Pertunjukan, Belajar, Kuliner dan Manfaat
Saung Angklung Udjo Bandung : Sejarah, Alamat, Kontak, Rute, Harga Tiket, Pertunjukan, Belajar, Kuliner dan Manfaat (ist/bandung.go.id)
0 Komentar

 

3. Tari Topeng

Tarian yang berasal dari Cirebon ini biasanya dibawakan oleh seorang perempuan. Saat pertama naik panggung biasanya sang penari tidak menggunakan topeng untuk menutupi mukanya. Topeng dalam tari topeng umumnya memiliki sebuah makna yang menjadi sebuah bagian dalam acara adat atau penceritaan kembali kisah-kisah kuno dari para leluhur.

Masyarakat juga meyakini jika topeng memiliki kaitan yang cukup erat dengan roh para leluhur yang dianggap sebagai interpretasi dari para dewa-dewi.

Cerita klasik yang sering dibawakan saat pertunjukan tari topeng adalah kisah Ramayana dan Panji yang begitu melegenda dan telah berkembang sejak ratusan tahun yang lalu.

4. Orkestra Angklung

Baca Juga:Menikmati Wisata Alam Bandung dengan Aktivitas BerkudaBaca Eleceed Chapter 262 Sub Indo : Manhwa Terpopuler dan Terbaik 2023

Umumnya orang hanya mengetahui jika angklung hanya digunakan saat mengiringi lagu-lagu tradisional. Namun seiring dengan perkembangannya zaman dan penikmat angklung yang bahkan sampai luar negeri membuat angklung makin merambah ke orkesta.

Berbagai macam lagu dapat dibawakan dengan angklung ini. Mulai dari lagu anak-anak balonku, lagu pop bahkan lagu Indonesia Raya juga pernah dibawakan menggunakan orkesta angklung.

5. Angklung Padaeng

Dikenal juga dengan nama Angkung Do Re Mi, pada saat menunjukkan angklung ini pengunjung akan diajak menyanyi bersama yang dipadu oleh seorang pembawa acara.

6. Angklung Jaipong

Angklung Jaipong dibawakan saat para penari mulai menari tarian jaipong dan diiringi dengan alat musik angklung.

7. Pertunjukan Arumba

Pertunjukan ini adalah sebuah pertunjukan yang menggunakan alat musik tradisional dari bambu yang menggunakan tangga nada datonis. Agar tetap menghasilkan nada-nada yang begitu harmonis dan juga dinamis.

Arumba adalah sebuah singkatan dari A untuk Alunan, Rum untuk Rumpun, dan Ba nya untuk Bambu. Sehingga Aruba memiliki artian alunan rumpun bambu.

8. Pertunjukan Calung

Calung adalah sebuah alat musik yang juga terbuat dari bambu. Permainan calung biasanya dibawakan oleh lima orang yang akan dibawakan dengan bernyanyi, menari hingga berkelakar. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan cara dipukul dengan berlaras pelo atau salendro.

9. Bermain Angklung Bersama

Baca Juga:Truecaller Location : Apk Untuk Melacak Lokasi Pemilik No HPPanduan Lengkap Menggunakan NCSE Info : Cara Menambah Followers, Like dan Comment Instagram

Selain menonton pertunjukan seni angklung, pengunjung yang datang ke Saung Angklung Udjo juga berkesempatan untuk belajar dan bermain angklung. Setiap pemain yang ada di Saung Angklung Udjo akan meminjamkan angklung denganberbagai nomor sekaligus juga mengajarkan cara beberapa lagu yang dapat dibawakan dengan alat musik angklung.

0 Komentar