Rancamulya Sejahterakan Warga

Sekretaris Desa Rancamulya Venti Sulastri saat memberikan keterangan program kegiatan hasil Musrenbangdes di ruang kerjanya kepada Sumeks, baru-baru ini.
Sekretaris Desa Rancamulya Venti Sulastri saat memberikan keterangan program kegiatan hasil Musrenbangdes di ruang kerjanya kepada Sumeks, baru-baru ini. (ISTIMEWA)
0 Komentar

sumedangekspres , Kota – Desa Rancamulya Kecamatan Sumedang Utara, memprioritaskan pada tujuh isu prioritas program pemerintah, sesuai hasil Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) anggaran Dana Desa (DD) tahun 2024, baru-baru ini. Hal ini disampaikan Kepala Desa Rancamulya, Oteng Sulaeman melaui Sekretaris Desa Rancamulya Venti Sulastri kepada Sumeks baru-baru ini.

“Prioritas untuk anggaran Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) utamanya DD tahun 2024 di Desa Rancamulya yang pertama, yaitu pengentasan kemiskinan ekstrem, kedua intervensi percepatan eliminasi TBC. Ketiga ketahanan pangan nabati dan hewani, keempat pencegahan narkoba, kelima penurunan stunting, keenam dana operasional pemerintahan desa dan yang ketujuh optimalisasi pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional”, jelas Venti.

Terkait tujuh isu program pemerintah tersebut, lanjut Venti, Desa Rancamulya sesuai hasil Musrenbang, untuk ptogram mengentaskan kemiskinan ekstrem, ada program Ketahanan pangan. Ditekankan dengan pembibitan domba untuk tahun 2024, yang sudah dilaksanakan dua tahun ke belakang.

Baca Juga:Manfaat Minum Teh Hijau Sebelum Berangkat Kerja, Dapat Meningkatkan Konsentrasi dan Imunitas Tubuh?Musim Kemarau Panjang Akibatkan Hutan dan Lahan Kaki Gunung Tampomas Terbakar

“Program ketahanan pangan berupa pembibitan ayam petelur, pembibitan sapi, pembibitan domba dan ikan nila,” ujar venti.

Kemudian, lanjut Venti, untuk eliminasi TBC Desa Rancamulya akan menganggarkan untuk sosialisasi mengenai TBC pada masyarakat, serta optimalisasi pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional.

“Kami juga akan melaksanakan sosialisasi jaminan kesehatan kepada masyarakat, mengenai langkah-langkah untuk mempermudah masyarakat terdaftar di jaminan kesehatan,” jelasnya.

Venti menuturkan, untuk pembangunan infrastruktur di Desa Rancamulya yang akan dilaksanakan di anggaran DD tahun 2024 adalah pembangunan Posyandu di RW 02, rehabilitasi bangunan posyandu di RW 01. Kemudian perbaikan jalan gank di RW 03, hotmix jalan di RW 09 dan RW 05, Normalisasi Drainase di RW 06 dan RW 07, Pipanisasi dan pembangunan mata air di RW 08 dan perbaikan selokan di RW 04.

Sedangkan, lanjut Venti, untuk program Ketahanan pangan tahun 2024 yang diprioritaskan karena ada usulan dari warga, yaitu mengenai pembibitan domba juga pembibitan bebek.

0 Komentar