Optimalisasi Smart City: Pj Bupati Sumedang Terima Kunjungan ASEC Singapore

Pj Bupati Sumedang Terima Kunjungan ASEC Singapore
Pj Bupati Sumedang Terima Kunjungan ASEC Singapore/sumedangkab
0 Komentar

sumedangekspres – Pada tanggal 15 November 2023, Penjabat (Pj) Bupati Sumedang, Herman Suryatman, menyambut kunjungan dari Asian Solidarity Economy Coalition (ASEC) Singapore.

Kunjungan ini menjadi kelanjutan dari pertemuan mereka di Barcelona dalam acara Smart City World Congress (SCEWC) 2023.

ASEC Singapore, sebagai pusat keunggulan smart city yang berbasis di Jimbaran Bali, mengunjungi Sumedang dengan membawa tim untuk mengeksplorasi upaya optimalisasi dalam perencanaan smart city, khususnya melalui digital planning.

Baca Juga:Inilah Tempat Wisata Malam Sumedang yang Jarang Banget Orang TauAncaman Krisis Politik dan Ekonomi Menghantui Pemerintahan Jokowi

Pj Bupati Sumedang, Herman Suryatman, menyatakan bahwa Sumedang dipilih oleh ASEC sebagai destinasi kunjungan karena kabupaten ini telah menjadi salah satu yang terdepan dalam implementasi e-government dan Sistim Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sebagai bagian integral dari konsep smart city.

Dalam pernyataannya, Herman mengungkapkan, “ASEC ke Sumedang karena Sumedang merupakan salah satu kabupaten terdepan dalam implementasi e-government, Sistim Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sebagai bagian dari smart city.”

Kedatangan ASEC ke Sumedang diharapkan dapat memberikan masukan berharga terkait upaya akurasi dalam perencanaan smart city.

ASEC berkomitmen untuk mengeksplorasi dan membantu mengidentifikasi permasalahan sosial di Kabupaten Sumedang, serta merumuskan solusi digital yang tepat.

“Dalam satu bulan ke depan akan dilakukan penajaman terkait dengan identifikasi berbagai persoalan sosial di Kabupaten Sumedang dan rumusan solusi digital,” tambah Herman.

Pertemuan sebelumnya di Barcelona dalam SCEWC menjadi landasan untuk kerja sama lebih lanjut antara Pemerintah Daerah Sumedang (Pemda Sumedang) dan PT. Inti terkait dengan eksekusi pengembangan smart city.

Herman menjelaskan, “Hasil dari tindak lanjut pertemuan dalam acara SCEWC, Pemda Sumedang akan bekerja sama dengan PT. Inti terkait eksekusi pengembangan smart city.”

Baca Juga:Bikin Kaget! V BTS Update Story IG dengan Rambut Gondrong Pirang!Kim Hye Soo Dukung Palestina dan Serukan Gencatan Senjata di Gaza

Langkah awal pengembangan smart city di Kabupaten Sumedang akan dimulai dari kawasan perkotaan Jatinangor.

Dalam proses ini, akan dilakukan identifikasi masalah yang dianggap paling krusial di Jatinangor, kemudian diusulkan solusi digital yang sesuai.

“Kami akan mulai dari kawasan perkotaan Jatinangor, nanti akan diidentifikasi masalah yang paling krusial di Jatinangor, kemudian digital solution-nya seperti apa,” jelas Herman.

Herman juga menyoroti harapannya bahwa melalui bimbingan ASEC, langkah-langkah yang diambil oleh Kabupaten Sumedang dalam pengembangan smart city akan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

0 Komentar