Semakin Populer aja nih Pesona Pantai Sumedang Mirip Pantai Pangandaran, Yuk kepoin harga tiketnya!

Pesona Pantai Sumedang Mirip Pantai Pangandaran
Pesona Pantai Sumedang Mirip Pantai Pangandaran (istimewa)
0 Komentar

sumedangekspres – Berikut Semakin Populer aja nih Pesona Pantai Sumedang Mirip Pantai Pangandaran, Yuk kepoin harga tiketnya!

Kabupaten Sumedang adalah salah satu daerah paling hits di provinsi Jawa Barat.

Sumedang juga memiliki banyak hal yang unik dan juga bikin penasaran, salah satunya adalah nama pantai Sumedang yang saat ini kembali hits di masyarakat.

Baca Juga:Terungkap: Jenis Kelamin Wang Dong Soul Land 2, Ternyata Anak Dari Dewa Laut Tang SanDewan Geram Penerangan Jalan Umum (PJU) Banyak Mati

Pesona pantai Sumedang ini membuat penasaran banyak orang, pasalnya Sumedang merupakan salah satu daerah pegunungan di Jawa Barat.

Karena itu tidaklah mungkin kabupaten Sumedang memiliki sebuah pantai, tetapi hal itu bisa ditepis karena adanya bendungan Jatigede yang merupakan salah satu destinasi wisata mirip pantai.

Inilah pembahasan lengkap tentang bendungan jatigede.

Pesona Pantai Sumedang

Asal Usul Bendungan Jatigede

Rencana pembangunan Waduk Jatigede telah disusun sejak masa pemerintahan Hindia Belanda.

Pada periode tersebut, Pemerintah Hindia Belanda memulai proyek pembangunan tiga waduk sepanjang Sungai Cimanuk, dan Waduk Jatigede dianggap sebagai waduk utama dan terbesar di antara ketiganya.

Namun, penolakan dari masyarakat setempat membuat rencana pembangunan ketiga waduk tersebut dibatalkan. Barulah pada tahun 1990-an, rencana pembangunan Waduk Jatigede kembali muncul dan menarik perhatian, pesona pantai sumedang.

Langkah awal dalam pembangunan adalah melakukan relokasi masyarakat yang tinggal di wilayah yang akan tergenang.

Area yang terkena dampak genangan Waduk Jatigede mencakup 28 desa di Kecamatan Darmaraja, Kecamatan Wado, Kecamatan Jatigede, dan Kecamatan Jatinunggal.

Baca Juga:Wanajaya Waspadai Banjir Bandang, Surian-Buahdua Terancam TerputusJelang Hari Listrik Nasional ke-78, YBM PLN Gelar Sunatan Massal

Proses relokasi dimulai pada tahun 1982. Desain pembangunan waduk ini disusun pada tahun 1988, dan konstruksi akhirnya dimulai 20 tahun kemudian, yakni pada periode 2007-2015, pesona pantai sumedang.

Pada tanggal 31 Agustus 2015, Waduk Jatigede diresmikan dan proses penggenangan air dimulai oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimulyono.

Total biaya pembangunan Waduk Jatigede mencapai 467 juta dolar AS atau sekitar 6.538 miliar rupiah dengan kurs rupiah sebesar 14.000. Waduk Jatigede berlokasi di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, pesona pantai sumedang.

Meskipun rencana pembangunan Waduk Jatigede telah ada sejak zaman Hindia Belanda, baru pada tahun 2008, selama masa kepresidenan Susilo Bambang Yudhoyono, pembangunan tersebut dimulai. Waduk ini diresmikan pada tahun 2015 dan mulai beroperasi penuh pada tahun 2017.

0 Komentar