Penyerangan Massa Aksi Solidartitas di Bitung, Abu Janda Bela Massa Pro-Israel

Penyerangan Massa Aksi Solidartitas di Bitung, Abu Janda Bela Massa Pro-Israel
Penyerangan Massa Aksi Solidartitas di Bitung, Abu Janda Bela Massa Pro-Israel (ist)
0 Komentar

sumedangekspres – Penyerangan Massa Aksi Solidartitas di Bitung, Abu Janda Bela Massa Pro-Israel.

Permadi Arya alias Abu Janda, yang dikenal aktif menyuarakan hak-hak minoritas di Indonesia, ikut mengomentari konflik antara Ormas Adat Manguni Makasiouw dengan Barisan Solidaritas Muslim (BSM) di Bitung, Sulawesi Utara.

Abu Janda menyampaikan kronologi peristiwa tersebut melalui akun media sosialnya.

Berdasarkan unggahan Instagram @permadiaktivis2 pada Minggu, 26 November 2023, Abu Janda menjelaskan bahwa tanggal 25 November 2023 merupakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ormas Adat Minahasa (Manguni Makasiouw).

Baca Juga:Kesigapan Aparat Dipertanyakan Ketika Massa Pro-Palestina Diserang Pro-Israel di BitungProfil Ormas Manguni, Terduga Pelaku Penyerangan Massa Pro Palestina di Bitung

Menurut informasi dari Badan Kesbangpol Kota Bitung, HUT Ormas Adat Minahasa tersebut sudah memiliki izin terlebih dahulu.

Abu Janda menyatakan bahwa permohonan izin dari ormas adat ini telah masuk ke kepolisian sebelum Barisan Solidaritas Muslim (BSM) memberi tahu rencana aksi bela Palestina.

Ormas Adat Manguni Makasiouw telah memberitahu rencana kegiatan pawai melalui surat pada tanggal 7 November.

Di sisi lain, BSM memberitahu rencana Aksi Bela Palestina melalui surat pada tanggal 15 November, meminta jadwal aksi pada tanggal 25 November yang bersamaan dengan HUT ormas adat dan bahkan meminta rute pawai yang sama.

Dalam konteks ini, perlu dicatat bahwa surat pemberitahuan aksi damai dari Ormas Adat Pasukan Manguni Makasiouw pernah menjadi viral, dan terdapat dua poin yang diduga memicu kontroversi.

Pertama, surat tersebut meminta Kapolres Bitung untuk tidak mengizinkan Aksi Solidaritas Palestina.

Kedua, surat tersebut menyebut kelompok Hamas pejuang Palestina sebagai teroris, sebagaimana propaganda Israel. Surat tersebut ditandatangani oleh Michael Rempowatu sebagai ketua dan penanggung jawab aksi.

Sumber:
Instagram @permadiaktivis2

Baca Juga:Habib Bahar Marah Besar atas Penyerangan Massa Pro PalestinaKronologi Penyerangan Massa Pro Israel di Bitung Kepada massa Aksi Solidaritas untuk Palestina

Demikian pembahasan mengenai Penyerangan Massa Aksi Solidartitas di Bitung, Abu Janda Bela Massa Pro-Israel.***

0 Komentar