Daftar Negara Paling Dermawan di Dunia, Cek Indonesia Nomor Berapa?

Daftar Negara Paling Dermawan di Dunia, Cek Indonesia Nomor Berapa?
Daftar Negara Paling Dermawan di Dunia, Cek Indonesia Nomor Berapa? (ist/yayasan bangun kecerdasan bangsa)
0 Komentar

sumedangekspres – Daftar Negara Paling Dermawan di Dunia, Cek Indonesia Nomor Berapa?

Peringkat negara sebagai “negara paling dermawan” dapat diukur dengan berbagai metrik, termasuk sumbangan amal, bantuan kemanusiaan, dan partisipasi dalam kegiatan sukarela.

Pada umumnya, Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki tradisi gotong royong dan kepedulian terhadap sesama.

Baca Juga:Mendekati Pernikahannya dengan Tiko, BCL Ganti Nama Instagram Hapus “Sinclair”Kurang Disiplin Karena Star Syndrome, Marsel Widianto Diboikot di Sejumlah Stasiun Televisi

Namun, peringkat negara dalam hal dermawan sering kali berubah tergantung pada metrik yang digunakan oleh organisasi atau lembaga yang melakukan penelitian. Beberapa organisasi, seperti Charities Aid Foundation (CAF) dalam Global Giving Index, menyusun peringkat negara berdasarkan sumbangan amal dari masyarakat sipil.

World Giving Index dari Charity Aid Foundation (CAF), yang merupakan survei amal terbesar di dunia, kembali lagi merilis daftar 10 negara paling dermawan di dunia.

Indonesia kembali memperkuat posisinya di daftar 10 besar. Menurut laporan World Giving Index 2023, hingga 4,2 miliar orang, atau sekitar 72% populasi orang dewasa di dunia, menyumbangkan uang, waktu, atau membantu orang asing untuk tujuan baik.

Dari 142 negara yang disurvei CAF, Indonesia, Ukraina, Kenya, Liberia, dan Amerika Serikat (AS) resmi masuk dalam lima besar daftar negara paling dermawan di dunia.

Namun, temuan ini didasarkan pada hasil survei yang menanyakan tiga pertanyaan berikut kepada masyarakat di setiap negara: “Selama sebulan terakhir, apakah Anda membantu orang asing, menyumbangkan uang, atau menjadi sukarelawan untuk tujuan baik?”

“Indonesia menduduki peringkat #1 pada indeks tersebut (negara paling dermawan di dunia) selama enam tahun berturut-turut, meskipun tidak lagi memegang posisi teratas untuk salah satu dari tiga perilaku memberi individu,” tulis laporan World Giving Index 2023, dikutip Jumat (1/12/2023).

Menurut CAF, Indonesia berhasil menjadi negara paling dermawan di dunia untuk keenam kalinya. Secara spesifik, Indonesia mendapat skor keseluruhan sebesar 68, dengan 82 persen orang dewasa menjadi donatur, 61 persen orang dewasa aktif membantu orang asing, dan 61 persen orang dewasa menyumbangkan waktunya.

Baca Juga:Bhabinkamtibmas Polsek Paseh Terlibat dalam Kegiatan Jum’at Curhat Bersama Warga Desa PasireungitPolsek Cimanggung Membangun Kedekatan dengan Para Pelajar Melalui Kegiatan Jum’at Curhat di SMK Perkasa

Berdasarkan pernyataan tersebut, Indonesia tidak menempati peringkat pertama dalam seluruh indikator yang dihitung. Di sisi lain, Indonesia tidak termasuk dalam 10 besar negara yang paling bersedia mendukung asing.

0 Komentar