Sejumlah Titik Waspada Banjir dan Longsor di Sumedang

Sejumlah Titik Waspada Banjir dan Longsor di Sumedang
Sejumlah Titik Waspada Banjir dan Longsor di Sumedang (ist/kolase)
0 Komentar

sumedangekspres – Sejumlah Titik Waspada Banjir dan Longsor di Sumedang.

Pemerintah Kabupaten Sumedang dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumedang telah melakukan antisipasi terhadap intensitas hujan yang mulai meningkat pada akhir November.

Pj Sekda Sumedang, Hj Tuti Ruswati, menyampaikan langkah-langkah yang diambil, termasuk pemasangan rewarning system di tujuh titik sungai yang rawan banjir, seperti di Jatinangor, Cimanggung, Citengah (Sumedang Selatan), Tomo, Ujungjaya, dan kecamatan lainnya.

Kerjasama dengan Universitas Indonesia (UI) dilakukan untuk menggunakan alat pendeteksi tinggi udara yang terkoneksi dengan ponsel jika terjadi banjir.

Baca Juga:Mata Air Cigirang : Wisata Air Baru di Sumedang 2023Kecelakaan di Tol Cisumdawu : Mobilio Hantam Dump Truk Batu Bara, Pengemudi Terjepit Mobil Ringsek

Hal ini bertujuan untuk memberikan peringatan dini kepada masyarakat agar lebih waspada. Pj Sekda juga merencanakan rapat bersama Forkopimda untuk kewaspadaan dini menghadapi musim hujan dan mengatasi bencana banjir serta longsor di Kabupaten Sumedang.

Kepala Pelaksana BPBD Sumedang, Atang Sutarno, menjelaskan bahwa BPBD telah mengambil langkah-langkah antisipasi untuk menghadapi musim hujan, termasuk mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap kemungkinan banjir dan longsor.

Bersamaan dengan itu, ia mendorong masyarakat untuk membersihkan saluran udara yang tersumbat dan menjaga kebersihan sungai agar terhindar dari banjir.

Atang juga menegaskan kesiapan sarana dan prasarana petugas BPBD, termasuk bantuan dari tingkat pusat.

Atang mengingatkan bahwa Sumedang merupakan daerah rawan bencana, terutama banjir dan longsor.

Ia menekankan pentingnya kehati-hatian, terutama di daerah seperti Cadas Pangeran, Citengah, Cimanggung, dan Jatinangor yang masih rentan terhadap bencana.

Pengendara di daerah rawan banjir, seperti Jatinangor, diimbau untuk membersihkan drainase agar tidak terjadi banjir bandang saat hujan deras.

Baca Juga:Jadwal Layanan SIM Keliling Sumedang 5 6 7 8 9 Desember 2023Prakiraan Cuaca Sumedang 5 Desember 2023 Lengkap Dengan Tasikmalaya, Bandung, Banjar, Ciamis, Cianjur, Cimahi dan Garut

BPBD Sumedang juga meminta perhatian khusus terhadap daerah-daerah seperti Ujungjaya, Cipelang, dan sekitarnya yang rentan terhadap luapan sungai.

Atang memberikan himbauan agar masyarakat tidak berkunjung ke daerah tebing atau rawan bencana saat hujan, serta untuk menjaga keselamatan diri, harta, dan nyawa.

Dalam konteks kewaspadaan ini, Atang mengingatkan peristiwa banjir dan longsor yang terjadi pada tahun 2021 dan mendorong agar masyarakat selalu berhati-hati.

0 Komentar