Mengenal Sosok Valerina Daniel, Moderator Debat Pertama Pilpres yang Miliki Karir Cemerlang

Mengenal Sosok Valerina Daniel, Moderator Debat Pertama Pilpres yang Miliki Karir Cemerlang
Mengenal Sosok Valerina Daniel, Moderator Debat Pertama Pilpres yang Miliki Karir Cemerlang (ist/inversi.id)
0 Komentar

sumedangekspres – Mengenal Sosok Valerina Daniel, Moderator Debat Pertama Pilpres yang Miliki Karir Cemerlang

Debat Pilpres 2024 akan diselenggarakan dalam lima sesi, yaitu dua kali pada bulan Desember 2023, dua kali pada bulan Januari 2024, dan satu kali terakhir pada bulan Februari 2024. Debat pertama calon presiden dan calon wakil presiden dijadwalkan pada hari Selasa, 12 Desember 2023.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menunjuk dua moderator untuk debat Pilpres perdana, di antaranya adalah Valerina Daniel. Selain Valerina, Ardianto Wijaya juga dipilih oleh KPU untuk memandu debat tersebut.

Baca Juga:Terlihat Begitu Miskin, Ternyata Pengungsi Rohingya Bayar Jutaan Rupiah untuk Masuk Aceh! Cek Faktanya DisiniNetanyahu Suruh Hamas untuk Segera Menyerahkan Diri dengan Segera! Mengapa?

“Kita juga sudah mendapatkan moderator untuk diskusi atau debat pertama capres-cawapres, yaitu Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel,” kata August Mellaz, seorang Komisioner KPU RI, di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat (9/12/2023).

Namun, seperti apa profil, biodata, dan rekam jejak Valerina Daniel?

Valerina Daniel adalah seorang pembawa acara yang telah berkiprah di berbagai stasiun televisi swasta dan pemerintah. Kelahirannya tercatat pada tanggal 28 November 1978.

Valerina, yang akrab dipanggil Val, menempuh pendidikan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia dengan jurusan Hubungan Internasional.

Setelah menyelesaikan kuliah, Valerina meraih beasiswa untuk melanjutkan pendidikannya di bidang Master of Communications and Media Studies di Monash University.

Pada tahun 2017, Valerina menikah dengan Febby Andryananto dan kemudian pindah bersama suaminya ke Washington DC.

Sebelum terjun ke dunia media, Valerina Daniel juga pernah berpartisipasi dalam kontes None Jakarta pada tahun 1999, mewakili Jakarta Timur.

Tak hanya itu, Valerina turut ambil bagian dalam kontes Putri Indonesia 2005, bahkan ia diangkat sebagai Duta Lingkungan Hidup Indonesia pada tahun 2017.

Baca Juga:Momen Haru Akad Nikah Adiba Khanza dan Eggy, Umi Pipik: Terasa Ada UjeAwal Mula Viralnya Pernikahan Sesama Jenis di Cianjur, Habiskan Uang Milyaran Rupiah?

Antara tahun 2018 hingga 2020, Valeria dipercaya menjadi salah satu Tenaga Ahli di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Karier sebagai pembawa berita Valerina dimulai pada tahun 2000 di stasiun televisi TPI, yang kini berubah menjadi MNCTV.

Saatu ini, Valerina menjabat sebagai Pembawa Acara (News Anchor) di TVRI Nasional. Ia juga memiliki pengalaman kerja di berbagai stasiun televisi lainnya seperti Metro TV, SCTV, ANTV, dan BeritaSatu.

Selain menjadi Pembawa Acara, Valerina juga memegang posisi sebagai Penasihat Komunikasi dengan spesialisasi dalam Urusan Pemerintahan. Selain itu, dia juga memiliki peran dalam bidang Media/Hubungan Masyarakat dan Keberlanjutan.

0 Komentar