Imbas Gempa di Sumedang, Kontraktor Dikecam Bupati Cirebon

Imbas Gempa di Sumedang, Kontraktor Dikecam Bupati Cirebon
Imbas Gempa di Sumedang, Kontraktor Dikecam Bupati Cirebon (ist)
0 Komentar

sumedangekspres – Imbas Gempa di Sumedang, Kontraktor Dikecam Bupati Cirebon.

Ketidakpuasan Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, mencuat setelah Gapura Alun-alun Pataraksa yang baru diresmikan pada 10 November 2023, mengalami ambruk pada malam Selasa (2/1/2024).

Kejadian tersebut menjadi sorotan Bupati yang menyatakan ketidakpuasannya terhadap kualitas kontraktor pembangunan yang dianggap tidak layak.

Imron Rosyadi langsung melakukan inspeksi ke lokasi kejadian pada Rabu (3/1/2024) dan menyampaikan kekecewaannya terhadap kontraktor yang dinilainya tidak memenuhi standar kriteria.

Baca Juga:Puluhan Kayu Gelondongan Jatuh di Tol CisumdawuUnpad Beri Rp 250 Juta Untuk Pemulihan Gempa Bumi Sumedang

Menurut Bupati, bangunan Gapura Pataraksa tersebut tidak memenuhi kriteria yang seharusnya diikuti oleh kontraktor.

Bupati Imron menegaskan bahwa kontraktor yang bertanggung jawab atas pembangunan gapura tersebut harus segera bertanggung jawab dengan melakukan perbaikan struktur. Ia mendesak agar struktur yang baru dibangun memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Selain menyoroti kontraktor, Bupati Imron juga menyerukan Dinas Lingkungan Hidup untuk segera mengambil langkah-langkah tindak lanjut terkait peristiwa ini.

Ia mempertanyakan efektivitas pengawasan yang dilakukan oleh instansi terkait.

Bupati Cirebon mengancam kontraktor yang terlibat, menyatakan bahwa jika mereka tidak mampu memperbaiki kesalahan tersebut, pihaknya tidak akan menggunakan jasa kontraktor tersebut di masa depan.

Ia menilai kondisi Gapura Pataraksa sebagai tidak memadai dan mempertanyakan kualitas bahan yang digunakan.

Kontraktor, di sisi lain, mencoba mempertahankan diri dengan menyatakan bahwa ambruknya gapura disebabkan oleh gempa bumi yang terjadi di Sumedang.

Namun, Bupati tetap menegaskan bahwa kontraktor harus bertanggung jawab atas kegagalan struktur bangunan yang mereka kerjakan.

Baca Juga:BAZNAS Jabar Ajak Warga Beri Donasi Untuk Korban Gempa SumedangJusuf Hamka : Terowongan Tol Cisumdawu Tidak Retak Karena Gempa Sumedang!

Gapura Alun-alun Pataraksa, yang memiliki tinggi 8,7 meter dan lebar 6 meter, dibangun dengan total anggaran Rp 15,6 miliar, yang merupakan bantuan dari Provinsi Jawa Barat.

Kejadian ini mengundang pertanyaan serius terkait proses pengawasan dan kualitas pembangunan infrastruktur di daerah tersebut.

Demikian pembahasan mengenai Imbas Gempa di Sumedang, Kontraktor Dikecam Bupati Cirebon.***

0 Komentar