Ternyata Dengan Tertawa Bisa Meningkatkan Kesehatan Jantung, Yuk Simak Pembahasannya!

Ternyata Dengan Tertawa Bisa Meningkatkan Kesehatan Jantung, Yuk Simak Pembahasannya!
Ternyata Dengan Tertawa Bisa Meningkatkan Kesehatan Jantung, Yuk Simak Pembahasannya! (capture/pixabay)
0 Komentar

sumedangekspresTertawa tidak hanya dapat menghadirkan rasa Bahagia, tetapi juga baik untuk kesehatan tubuh.

Orang-orang yang sering tertawa cenderung memiliki tingkat penyakit jantung yang lebih rendah dan memiliki Kesehatan jantung yang baik.

Manfaat tertawa bagi kesehatan jantung ini, diungkapkan dalam sebuah studi yang telah dipresentasikan dalam pertemuan tahunan European Society of Cardiology di Amsterdam, Belanda.

Baca Juga:2 Jenis Susu yang Sebaiknya Dihindari untuk Pengidap Penyakit Jantung6 Jus Minuman yang Baik Untuk Kesehatan Jantung, Mudah Untuk Dicoba Dirumah!

Studi ini melibatkan 26 orang partisipan dengan rerata usia 64 tahun. Seluruh partisipan terdiagnosis dengan penyakit jantung koroner.

Tim peneliti menemukan adanya perbaiakn kemampuan arteri atau pembuluh darah untuk melebar pada partisipan yang mendapatkan ‘terapi tertawa’ dengan menonton tayangan komedi.

Peradangan memiliki peran besar dalam proses aterosklerosis, yaitu penumpukan plak di arteri.

Terapi tertawa bisa anda lakukan di rumah juga loh!

Bisa dengan cara menonton acara komedi atau juga meluangkan waktu yang menyenangkan dan penuh tawa bersamaan dengan teman, sahabat, pasangan ataupun juga Bersama keluarga.

Menurut penelitian tersebut tertawa bisa menyehatkan jantung karena dengan tertawa anda bisa melepaskan endorphin di dalam tubuh.

Dengan adanya endorphin tersebut dapat membantu menurunkan peradangan dan membantu merelaksasikan jantung serta pembuluh darah.

Selain itu tertawa juga dapat menurunkan tingkat stress yang menjadi salah satu pemicu tekanan lebih pada jantung.

Adapun manfaat tertawa lainnya untukn Kesehatan jantung anda yakni:

Baca Juga:Mengelola Faktor Resiko Penyakit Jantung, 4 Olahraga yang Harus Diwaspadai dan Tips AmanKaya Akan Omega-3! 7 Jenis Ikan Ini Baik Untuk Kesehatan Jantung

  • Meningkatkan aliran darah, dengan tertawa beta-endorfin di hipothalamus akan terlepas sehingga pada akhirnya memicu pelepasan oksida nitrat dan melebarkan pembuluh darah. Tentunya hal tersebut dapat melindungi jantung dengan cara mengurangi peradangan dan juga mencegah pembentukan plak kolesterol.
  • Menurunkan stress, tertawa bisa mengurangi hormon pemicu stress, seperti kortisol dan epinefrin, serta meningkatkan hormon yang bisa menenangkan hati, misalnya endorfin.
  • Menambah antibody, antidobi berguna untuk menjaga Kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan, dna tertawa diketahui dapat menambah jumlah sel antibodi yang artinya bisa memperkuat system imun dan menangkal penyebab penyakit.

Dengan demikian tertawa ternyata bukan hanya menyenangkan, tetapi juga membawa berbagai manfaat bagi tubuh kita.

Dengan tertawa tentunya membawa dampak baik untuk Kesehatan jantung serta dapat menurunkan hormon stres.

0 Komentar