Penderita Stroke Tidak Boleh Mengkonsumsi Susu Jenis Ini!

Penderita Stroke Tidak Boleh Mengkonsumsi Susu Jenis Ini!
Penderita Stroke Tidak Boleh Mengkonsumsi Susu Jenis Ini! (capture/freepik)
0 Komentar

sumedangekspres – Bagi Anda penderita stroke tidak boleh mengkonsumsi susu jenis ini, karena tingginya lemak.

Penderita stroke karena kolesterol tinggi, sebaiknya lebih selektif dalam memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Salah satu minuman yang perlu diwaspadai adalah susu. Tidak semua jenis susu aman untuk penderita stroke.

Baca Juga:Jenis Olahraga yang Aman Bagi Penderita Leukemia, Yuk Simak!10 Makanan Ini Ampuh untuk Kamu yang Punya Anemia loh! Apa Saja Ya?

Stroke adalah gangguan aliran darah ke otak yang disebabkan oleh pembekuan darah (iskemik) atau pecahnya pembuluh darah dalam otak (hemoragik).

Saat terjadi serangan stroke, sel otak dapat mati hanya dalam hitungan menit.

Salah satu faktor risiko terjadinya stroke adalah tingginya kadar kolesterol yang menyumbat pembuluh darah.

Risiko terkena stroke terbilang tinggi pada seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi, obeistas, kelebihan kolesterol, dan diabetes.

Sebenarnya tidak ada larangan untuk anda pengidap stroke untuk mengkonsumsi susu, namun jika stroke disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah yang disebabkan oleh kolesterol maka sebaiknya anda menghindari susu yang mengandung lemak tinggi.

Dilandir dari laman website resmi Kementerian Kesehatan RI, di antara berbagai jenis susu yang tersedia di pasaran, ada beberapa susu yang sebaiknya dihindari untuk para pengidap kolesterol tinggi dan penyakit jantung.

1. Susu Sapi

Bagi anda penderita stroke, susu sapi adalah salah satu jenis susu yang sebaiknya anda hindari.

Dengan kandunga lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Baca Juga:Jamu Tradisional yang Berkhasiat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Dibuat Dirumah Loh!Bisakah Menghilangkan Tahi Lalat Dengan Bahan Alami? Simak Penjelasannya!

Apabila Anda ingin mengonsumsi susu sapi sebaiknya pilih susu sapi kemasan yang memiliki kadar lemak lebih rendah.

2. Susu Kambing

Dalam 100 ml susu kambing memiliki kandungan kalori sebanyak 168 kalori dan 6 mg kolesterol.

Jika dikonsumsi setiap hari maka hal ini dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol dalam darah.

Jadi bagi anda yang memiliki kolesterol tinggi sebaiknya menghindari mengkonsumsi susu kambing terutama jika dikonsumsi setiap hari.

Bagi penderita stroke yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah, dianjurkan minum susu yang minim kandungan lemak.

Selain 2 jenis susu diatas, adapun sumber protein hewani yang harus dibatasi oleh penderita stroke yakni daging sapi & ayam berlemak, kuning telur (batas 3 btr/mgg), jerohan, otak, hati, ikan banyak dari,susu penuh,keju,es krim,& produk olahan protein hewani yang diawet (ham,daging asap, dendeng,kornet).

0 Komentar