10 Makanan Ini Ampuh untuk Kamu yang Punya Anemia loh! Apa Saja Ya?

10 Makanan Ini Ampuh untuk Kamu yang Punya Anemia loh! Apa Saja Ya?
10 Makanan Ini Ampuh untuk Kamu yang Punya Anemia loh! Apa Saja Ya? (capture/freepik)
0 Komentar

sumedangekspres – Beberapa makanan ini ampuh untuk kamu yang punya anemia atau darah rendah, yang juga pada umumnya memiliki kandungan-kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh kita.

Kadar hemoglobin normal pada anak yakni diantara 9-14 gram/dL. Kadar hemoglobin normal pada remaja 10-15 gram/dL.

Kadar hemoglobin normal pada pria dewasa: 13-17 gram/dL dan Kadar hemoglobin normal pada wanita dewasa: 12-15 gram/dL.

Baca Juga:Jamu Tradisional yang Berkhasiat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Dibuat Dirumah Loh!Bisakah Menghilangkan Tahi Lalat Dengan Bahan Alami? Simak Penjelasannya!

Berbagai kondisi dapat menyebabkan penurunan kadar hemoglobin dalam sel darah merah seperti anemia, kanker, gagal ginjal, sirosis, leukemia, dan lain sebagainya.

Dilansir dari laman resmi halodoc, dengan mengonsumsi beberapa makanan penambah Hb dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam sel darah merah secara alami diantaranya:

1. Daging merah, dinilai efektif menjadi makanan penambah Hb. Ini karena tubuh dapat menyerap lebih banyak zat besi dari daging daripada jenis makanan lainnya.

2. Beragam jenis ikan, mulai dari tuna, salmon, hingga sarden, bisa dikonsumsi sebagai makanan penambah Hb. Ikan-ikan tersebut mengandung zat besi yang tinggi.

3. Hati sapi kaya akan zat besi yang berperan penting dalam proses produksi hemoglobin di sel darah merah. Perlu diketahui, dalam 100 gram hati sapi mengandung 6,5 miligram zat besi.

4. Beras Cokelat, mengganti beras putih menjadi beras cokelat dalam menu diet harian Anda diketahui dapat membantu meningkatkan kadar Hb.

Hal ini karena beras cokelat mengandung sekitar 0,5 miligram gram zat besi dalam setiap 100 gramnya.

Baca Juga:Bahaya! Jangan Gunakan 3 Bahan Ini di Kulit Wajah KamuBumbu Dapur yang Berkhasiat untuk Kecantikan, Simak Yuk!

5. Kerang, semua jenis kerang tinggi akan zat besi, sehingga baik dijadikan sebagai makanan penambah Hb. Sebagai pertimbangan, dalam satu porsi kerang dengan berat 100 gram terkandung 3 miligram zat besi.

6. Tahu, makanan penambah Hb selanjutnya yang mudah ditemukan dan diolah adalah tahu.

Dalam 1 porsi tahu (100 gram) terkandung 3,5 miligram zat besi yang baik untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

7. Bayam merupakan sayuran yang mengandung zat besi dan folat, sehingga baik untuk dijadikan sebagai makanan penambah Hb.

Sayuran berdaun hijau yang biasanya diolah menjadi sup ini mengandung setidaknya 3 miligram zat besi dalam 1 porsinya (100 gram).

0 Komentar