Jenis Olahraga yang Aman Bagi Penderita Leukemia, Yuk Simak!

Jenis Olahraga yang Aman Bagi Penderita Leukemia, Yuk Simak!
Jenis Olahraga yang Aman Bagi Penderita Leukemia, Yuk Simak! (capture/freepik)
0 Komentar

sumedangekspres – Ada beberapa jenis-jenis olahraga yang aman bagi penderita leukemia, apa saja diantaranya.

Sebelum masuk ke pembahasan terlebih dahulu kita akan membahas mengenai definisi olahraga.

Olahraga adalah semua bentuk aktivitas fisik yang dilakukan baik dalam bentuk kompetitif atau juga santai.

Baca Juga:10 Makanan Ini Ampuh untuk Kamu yang Punya Anemia loh! Apa Saja Ya?Jamu Tradisional yang Berkhasiat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Dibuat Dirumah Loh!

Dilansir dari laman website resmi RSUP Dr. Sardjito, sejumlah penelitian sebelumnya ditemukan bahwa aktivitas fisik akan memberikan manfaat bagi kualitas hidup pasien kanker.

Pada penelitian dari pasien kanker sebelumnya juga diketahui bahwa aktivitas fisik memberikan efek yang bermanfaat pada kelelahan dan distress.

Aktifitas fisik dapat meningkatkan perasaan bahagia, meningkatkan kualitas hidup dan kelangsungan hidup diantara pasien dengan kanker.

Aktifitas fisik adalah segala jenis kegiatan gerakan badan yang mengeluarkan dan membutuhkan energi dalam prosesnya, termasuk latihan fisik dan olah raga, yang sangat penting untuk kesehatan tubuh dan dapat mencegah dan meningkatkan kualitas hidup pasien-pasien kanker.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai olahraga yang aman bagi penderita Leukemia atau kanker darah, diantaranya:

1. Yoga, yoga adalah olahraga yang berfokus pada kekuatan, kelenturan, serta pernapasan demi peningkatan kesehatan mental dan fisik.

Penelitian telah menunjukkan banyak manfaat yoga bagi pasien kanker, mulai dari psikologis, emosional, hingga fisik. Hal ini sejalan dengan beberapa metode terapi lain yang memberikan kesembuhan bagi pasien yang baru sembuh dari kanker.

Baca Juga:Bisakah Menghilangkan Tahi Lalat Dengan Bahan Alami? Simak Penjelasannya!Bahaya! Jangan Gunakan 3 Bahan Ini di Kulit Wajah Kamu

Selain itu juga membantu mengatasi rasa sakit, melawan kelelahan dan mengurangi insomnia, dan juga membuat nafsu makan meningkat.

Untuk kesehatan psikologis dengan melakukan yoga dapat membantu mengatasi stress da kecemasan dan juga meningkatkan kesehatan emosional.

2. Pilates, jenis olahraga atau latihan fisik yang berfokus dalam menciptakan kekuatan fisik melalui keseimbangan otot-otot tubuh dan pola neuromuskular. Gerakan pilates kebanyakan melibatkan otot-otot perut, panggul, pinggang, dan paha.

Olahraga merupakan salah satu bagian dari penerapan pola hidup sehat yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh semua orang, termasuk para penderita kanker.

Untuk pasien kanker yang sedang menjalani pengobatan, olahraga cukup dilakukan selama 10–20 menit sebanyak 3 atau 4 kali setiap minggu atau sesuai saran dokter.

0 Komentar