Ternyata Jamur Memiliki 5 Manfaat Untuk Kesehatan Kulit, Yuk Simak!

Ternyata Jamur Memiliki 5 Manfaat Untuk Kesehatan Kulit, Yuk Simak!
Ternyata Jamur Memiliki 5 Manfaat Untuk Kesehatan Kulit, Yuk Simak! (capture/pixabay)
0 Komentar

sumedangekspres – Ternyata jamur memiliki manfaat yang baik untuk Kesehatan kulit loh!

Jamur berasal dari kata latin yang berarti fungi yang bereproduksi secara aseksual yang menghasilkan spora, kuncup, dan fragmentasi.

Sedangkan dengan cara seksual pada zigospora, askospora, dan basidiospora.

Biasanya jamur hidup di tempat yang lembab, air laut, air tawar, tempat yang asam dan bersimbiosis dengan ganggang hingga membentuk lumut.

Adapun manfaat jamur untuk Kesehatan yakni:

Baca Juga:Apakah Benar Jika Terlalu Banyak Mengkonsumsi Telur Menyebabkan Jerawat?Anda Wajib Memperhatikan Skincare Bagi Wajah Berminyak di Area T-Zone

  • Sumber protein yang baik dan seimbang
  • Kaya vitamin B dan D
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Menangkal radikal bebas dan memperbaiki mutasi sel DNA
  • Mencegah hipertensi
  • Menurunkan kolesterol

Secara tradisional jamur bisa digunakan untuk mengobati alergi, bronkitis, radang sendi, dan juga penyakit lainnya.

Adapun manfaat jamur untuk kesehatan kulit diantaranya:

1. Mengurangi Inflamasi Kulit, dengan sifatnya yang anti-inflamasi yang dapat meredakan peradangan pada kulit.

Jika ingin memanfaatkan khasiat anti-inflamasi secara maksimal maka anda harus mengkonsumsi jamur yang mengandung lebih banyak polisakarida, terpenoid, dan senyawa fenolik seperti jamur chaga.

2. Memperbaiki Kulit, dengan kandungan beta-glucan atau gula alami yang memiliki sifat antioksidan. Kandungan tersebut dapat memperbaiki kemerahan dan tanda-tanda lainnya yang berkaitan dengan kulit sensitive serta mempercepat penyembuhan luka dan bekas luka.

3. Mendetoksifikasi Kulit, dengan sifat detoksifikasinya yang dapat membersihkan racun dalam tubuh, hal tersebut akan membuat kulit tampak lebih bersih.

4. Mengurangi tanda-tanda penuaan, dengan manfaatnya yakni anti-agingnya yang berasal dari banyaknya akndungan antioksidan dalam jamur yang bisa membantu mengatasi kerutan, garis halus, dan tanda penuaan lainnya.

Salah satu jamur yang populer untuk memperlambat proses penuaan pada kulit adalah jamur reishi.

Baca Juga:Ternyata Ini Penyebab Gagal Panen dan Harga Beras Naik!Presiden Joko Widodo Resmikan Rumah Sakit PPN dan Rumah Sakit TNI

5. Menghidrasi Kulit, banyak jamur mengandung polisakarida yang membantu menghidrasi kulit sekaligus menjaga tampilan kulit tetap halus dan kenyal.

Salah satunya yakni jamur reishi, sangat bagus dalam hal ini karena mengandung beta-glucan yang membantu mengurangi kulit kering atau gatal sehingga bermanfaat untuk kulit yang lebih sensitif.

 

Beberapa jamur juga mengandung banyak vitamin D yang mampu memberikan keajaiban bagi kulit terutama jika Anda cenderung kekurangan vitamin D.

0 Komentar