6 Kisah Mistis di Gunung Lawu, No 2 Ada Pasar Yang Sangat Menyeramkan

Foto Ilustrasi : paragram.id)
Foto Ilustrasi : paragram.id)
0 Komentar

sumedangekspres – 6 Kisah Mistis di Gunung Lawu, No 2 Ada Pasar Yang Sangat Menyeramkan

Gunung Lawu adalah salah satu gunung di Indonesia yang paling banyak dikunjungi para pendaki. Pasalnya gunung ini mempunyai keindahan alam yang sangat luarbiasa.

Gunung ini memiliki ketiggian 3.265 MDPL. Gunung Lawu adalah sebuah gunung berapi aktif di pulau Jawa, tepatnya di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Baca Juga:6 Kisah Mistis Gunung Salak, No 5 Sangat Menakutkan Bahkan Memakan Korban Jiwa5 Kisah Mistis Gunung Gede Pangrango, No 4 Para Pendaki Harus Waspada

Gunung ini terletak di tiga daerah yaitu, Karanganyar di Jawa Tengah, Ngawi, dan Magetan di Jawa Timur. Namun di balik keindahan Gunung Lawu terdapat juga cerita-cerita mistis yang masih dipercaya sampai saat ini.

Berikut adalah kisah mistis Gunung Lawu yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Mitos Sendang Drajat

Sendang drajat adalah sebuah sumber mata air yang berada di sekitar gunung. Mitosnya adalah siapapun yang meminum air disana akan awet muda, dan jika niatnya baik jalannya akan dipermudah. Namun jika niatnya buruk maka akan ada rintangan yang menghalanginya.

2. Pasar Setan

Salah satu kisah mistis yang sangat populer di Gunung Lawu adalah adanya sebuah tempat yang dipercaya sebagai pasar setan.

Keberadaan pasar setan ini dipercaya berada di puncak Gunung Lawu. Ceritanya beberapa pendaki sering mendengar suara delman, suara napas manusia, dan suara misterius lainnya. Para pendaki kerap mendengar keramaian seperti berada di pasar, tetapi hanya suara saja dan penampakan tidak terlihat mata.

Selain itu para pendaki sering juga mendengar suara orang layaknya menawarkan barang seperti di pasar yaitu di perjalanan saat menuju pos lima.

Jika mendengar seseorang menawari barang, disarankan mendaki untuk segera mengambil barang di sekitar seperti daun, ranting, dan lainnya.

3. Burung Kyai Jalak

Baca Juga:Longsor di Jatigede, Akses Jalan Lingkar Timur Terganggu5 kisah Mistis Gunung Ciremai, No 2 Paling Sering Dialami Para Pendaki

Selain itu, kisah mistis di Gunung Lawu berikutnya adalah kisah tentang Burung Kyai Jalak.

Burung Kyai Jalak ini dipercaya masyarakat merupakan sosok kyai yang berubah menjadi seekor burung jalak.

Burung Kyai Jalak ini menampakan diri kepada para pendaki yang sopan dan memiliki niat baik. 

Pengalaman masyarakat di sana apabila burung tersebut mengikuti kita di sepanjang pendakian, itu berarti kedatangan kita disambut oleh para penguasa di sana.

0 Komentar