5 kisah Mistis Gunung Ciremai, No 2 Paling Sering Dialami Para Pendaki

Foto ilustrasi : istimewa
Foto ilustrasi : istimewa
0 Komentar

sumedangekspres – 5 kisah Mistis Gunung Ciremai, No 2 Paling Sering Dialami Para Pendaki

Gunung Ciremai merupakan salah satu gunung berapi aktif di Indonesia yang berlokasi di tiga Kabupaten yaitu Majalengka, Kuningan dan Cirebon, gunung ini memiliki ketinggian 3.078 MDPL.

Gunung Ciremai adalah salah satu gunung favorit bagi para pendaki. Gunung ini menyimpan banyak keindahan alam yang sangat indah dan mempesona yang membuat siapapun melihatnya akan membuatnya takjub.

Baca Juga:Gunung Paling Angker di Jawa Barat, No 2 Gunung Paling Banyak Kisah MistisBukan Puncak Atau Lembang, Inilah Kawasan Wisata Perkebunan Teh Margawindu Sumedang

Namun dibalik keindahannya gunung ini menyimpan berbagai kisah-kisah mistis yang cukup melegenda yang masih dipercaya masyarakat.

Berikut adalah kisah-kisah mistis Gunung Ciremai yang harus kalian ketahui.

1. Nyi Lingga dan dua macan tutul

Kisah mistis Gunung Ciremai yang cukup melegenda yang pertama adalah Nyi Lingga dan dua macan tutul. Sosok ini adalah sosok yang yang dianggap penunggu di Kawasan Batu Lingga Gunung Ciremai.

Dan sosok ini juga sering disebut memiliki kaitan dengan sosok Wali Songo, yaitu Sunan Gunung Jati.

Sosok Nyi Lingga ini adalah sosok yang dipercaya sebagai penerus persemedian Sunan Gunung Jati di Batu Lingga. Dan Nyi Lingga ini juga dipercaya ditemani dua macan tutul yang dipercaya untuk mendapatkan ilmu kanuragan.

Akan tetapi di tengah persemediannya, Nyi Lingga gagal dan meninggal. Dari situ berkembang cerita apabila ada sosok nenek tua dan macan tutul di kawasan Batu Lingga.

2. Suara Gamelan

Kisah mistis di Gunung Ciremai berikutnya adalah suara gamelan. Mendengar suara gamelan ini sering dialami oleh para pendaki di Gunung Ciremai.

Sumber suara musik gamelan ini sering didengar para pendaki yang mereka tidak tahu asal suara musik tersebut dari mana, namun konon katanya bukan dari manusia.

Baca Juga:5 Objek Wisata Paling Murah di Sumedang, No 3 Dijamin Bikin Kamu Takjub dan KetagihanNgeri! Inilah Gunung di Indonesia Paling Banyak Memakan Korban, no 2 Gunung Paling Seram

Orang-orang percaya bahwa suara gamelan ini merupakan ucapan selamat datang yang berasal dari ‘penghuni’ gunung. Namun di sisi lain ada juga yang berpendapat suara tersebut merupakan bunyi yang berasal dari makhluk halus dengan tujuan menyesatkan pendaki.

3. Pantangan di Gunung Ciremai

Ada beberapa pantangan yang harus dipercaya para pendaki saat ingin mendaki di Gunung Ciremai. Menurut juru kunci Gunung Ciremai para pendaki harus mengetahui pantangan-pantangan yang ada di Gunung Ciremai agar mereka selamat saat melakukan pendakian.

0 Komentar