Wisata Batu Dua Terbengkalai, Butuh Perhatian Pemerintah

SEPI: Objek Wisata Batudua, Gunung Lingga di Desa Cimarga Kecamatan Cisitu.
ISTIMEWA, SEPI: Objek Wisata Batudua, Gunung Lingga di Desa Cimarga Kecamatan Cisitu.
0 Komentar

sumedangekspres – CISITU – Wisata Batu Dua di Gunung Lingga Desa Cimarga Kecamatan Cisitu kini sepi, tidak terlihat sebagai sebuah tempat wisata. Tempat wisata dengan pemandangan berupa perbukitan, persawahan dan permukiman warga kini sepi pengunjung, bahkan, berbagai fasilitas yang ada pun terbengkalai.

Tempat wisata ini sebenarnya cukup potensial. Area ini pernah dijadikan ajang olahraga internasional yang diikuti oleh lebih dari 20 negara dengan memperebutkan kejuaraan dunia cabang olahraga paragliding dengan nama West Java Paragliding World Championship and Culture Festival 2019 lalu.

Seorang pengunjung, Pipin menuturkan, dirinya merasa kecewa dengan melihat keadaan wisata Batudua saat ini.

Baca Juga:Pemdes Mekarjaya Sumedang Utara Salurkan  BLT DD Pada 20 KPM53 Warga Situ Mendapat Bantuan Stimulan

“Saya sangat menyayangkan tempat yang bagus ini kurang mendapat perhatian yang serius,” katanya, belum lama ini. 

Dikatakan, jika melihat keindahan alam, wisata ini memang memiliki pesona cukup menarik. Seperti, adanya hamparan Waduk Jatigede dan Puncak Damar di ketinggian 930 mdpl, objek wisata Batu Dua sangat cocok untuk menyegarkan mata.

“Padahal ini sebuah potensi besar yang sejalan dengan program pemerintah Sumedang,” tandasnya.

Dia menuturkan, tempat ini perlu sedikit pembenahan dan dijalankan kembali. Seperti mengadakan even-even tertentu yang memungkinkan pengunjung mendatangi tempat ini dan kembali hidup.

“Wisata Batudua ini memiliki fasilitas yang memadai, seperti area parkir, toilet, gazebo, dan warung makan. Namun sekarang sangat disayangkan menjadi kumuh seperti ini,” tuturnya.

Sementara, pengunjung lainnya Cicih mengaku sering mengunjungi tempat ini. Namun, setelah terbengkalai menjadi enggan untuk datang kembali. 

“Melihat keadaan saat ini, saya jarang datang. Padahal, dulu tempat ini cukup layak untuk dijadikan tempat beristirahat, refreshing atau lainnya,” jelasnya. 

Baca Juga:Sambangi PAN, Partai Golkar Mengajak Solid Menangkan PilkadaTruck Hino Hilang Kendali, Telan Korban Hingga Meninggal Dunia

Dia pun meminta pemerintah memperhatikan kondisi wisata Batudua. Sebab jika dikembangkan kembali, wisata Batudua kembali akan mencapai kejayaannya.

“Pemerintah harus peduli dengan tempat wisata ini,” tutupnya. (bim)

0 Komentar