Langkah-langkah Membuat Donat, Tekstur Lembut, Ide Usaha Jualan

Donat
Langkah-langkah Membuat Donat Yang Enak
0 Komentar

sumedangekspres – Langkah-langkah Membuat Donat, Tekstur Lembut, Ide Usaha Jualan

Pengadukan Bahan Kering: Campurkan tepung terigu, gula, dan garam dalam sebuah mangkuk besar terpisah. Pastikan untuk mengaduk bahan kering ini dengan baik agar tercampur merata.

Penambahan Bahan Cair: Setelah bahan kering tercampur, tuangkan campuran ragi dan susu yang telah diaktifkan ke dalam mangkuk dengan bahan kering. Selain itu, tambahkan juga telur dan mentega yang telah dilelehkan. Aduk semua bahan ini dengan spatula atau sendok kayu hingga tercampur menjadi adonan yang kasar.

Pengulenan Adonan: Tuangkan adonan ke atas permukaan yang sudah ditaburi dengan tepung. Kemudian, uleni adonan dengan tangan Anda selama sekitar 10-15 menit. Proses ini penting karena membantu mengembangkan gluten dalam tepung, menghasilkan adonan yang elastis dan lembut.

Baca Juga:Jika Anda Sedang Merasakan Sesak Nafas Cobalah 7 Cara Mengatasinya10 Kandungan Manfaat Buah Naga Untuk Menjaga Kesehatan

Setelah adonan siap, Anda dapat melanjutkan dengan langkah-langkah berikut untuk pelembutan adonan dan pembentukan donat:

Pelembutan Adonan:

Tempatkan adonan dalam mangkuk yang telah diolesi dengan sedikit minyak. Hal ini akan mencegah adonan menempel pada mangkuk saat mengembang.

Tutup mangkuk dengan kain bersih atau plastik wrap untuk mencegah permukaan adonan mengering. Biarkan adonan mengembang selama sekitar 1-2 jam atau hingga adonan menggandakan ukurannya.Pembentukan Donat:

Setelah adonan mengembang, letakkan adonan di atas permukaan datar yang ditaburi dengan tepung. Gulung adonan hingga memiliki ketebalan sekitar 1 cm.

Gunakan cetakan donat atau gelas dengan diameter berbeda untuk memotong adonan menjadi bentuk donat. Letakkan donat yang telah dipotong di atas loyang yang juga telah ditaburi dengan tepung.Setelah Anda selesai membentuk donat, Anda dapat melanjutkan dengan langkah-langkah pengembangan kedua dan penggorengan untuk membuat donat yang lezat. Selamat mencoba!. (*)

0 Komentar