Dinas PUTR Sumedang Gelar Uji Sertifikasi Kontruksi: Ciptakan Pekerja Kompeten 

SEMANGAT: Para pekerja Konstruksi foto Bersama seusai mengikuti Uji Kompetensi Konstruksi di BLK Sumedang, bar
SEMANGAT: Para pekerja Konstruksi foto Bersama seusai mengikuti Uji Kompetensi Konstruksi di BLK Sumedang, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres – KOTA – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Sumedang melaksanakan kegiatan Uji sertifikasi kompetensi tenaga kerja Kontruksi,yang berkalobarasi dengan Balai Jasa kontruksi wilayah 3 Jakarta. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 173 peserta yang,bertempat di aula Kantor BLK Sumedang, baru-baru ini.

Kepala Bidang Bina Kontruksi Didi Sumarna, menyampaikan, Dinas PUTR melalui bina kontruksi telah melaksanakan kegiatan pelatihan, dan sertifikasi tenagakerja kontruksi ,jenjang 1, 5, 6, dan7.

” Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Pelaksanaan Kegiatan Peningkatan Kompetensi Tambahan (PKT), dan sertifikasi tenaga kerja kontruksi, program pendidikan vokasi bidang infrastruktur tahun anggaran tahun 2024 melalui balai Jasa kontruksi wilayah 3 Jakarta.

Baca Juga:Yudia Lantik Direktur RSUD Sumedang: Tempat Tidur Tidak Sebanding Dengan Jumlah PendudukPolsek Sumedang Utara Gelar Pelepasan Purnabakti

Kegiatan tersebut diikuti oleh enam Jabatan kerja dengan jenjang yang berbeda. Untuk jabatan kerja tukang pasang aplikator baja ringan diikuti sebanyak 52 orang, dan semuanya di nyatakan kompeten.

Untuk subklasifikasi gedung meliputi jabatan kerja, Pengawas Pekerjaan Struktur Bangunan Gedung jenjang 5, Pelaksana Lapangan Madya Pekerja Gedung jenjang 6, Manager Lapangan Pelaksana jenjang 6, dan Ahli Muda Teknik Bangunan Gedung jenjang 7, semuanya berjumlah 15 orang, dan semuanya dinyatakan kompeten.

Pada subklasifikasi jalan, terdiri dari jabatan kerja Pelaksana Lapangan Pekerjaan jalan Madya jenjang 5, Ahli Muda Teknik Jalan jenjang 7, Ahli Muda Pemeliharaan Jalan,dan Jembatan jenjang 7 yang berjumlah 39 orang semuanya di nyatakan kompeten.

Pada subklasifikasi irigasi dan rawa dengan jabatan kerja Pelaksana Lapangan Pekerjaan Saluran Irigasi Madya jenjang 5 diikuti oleh 20 orang peserta dan semuanya dinyatakan kompeten. Kemudian pada subklasifikasi keselamatan kontruksi, meliputi jabatan kerja Ahli Muda K3 Kontruksi jenjang 7 diikuti oleh 20 orang peserta semuanya di nyatakan kompeten.

Kemudian pada subklasifikasi management kontruksi dengan jabatan kerja Fasilitator Teknis Dalam Pembangunan Infrastruktur Berbasis Masyarakat Utama jenjang 6 diikuti oleh 20 orang peserta, semuanya di nyatakan kompeten.sehingga total jumlah peserta yang mengikuti sertifikasi sebanyak 172 orang, dan semuanya di nyatakan kompeten.

“untuk kegiatan sertifikasi di laksanakan oleh Asesor dari LSP yang di tunjuk oleh balai jasa kontruksi wilayah 3 Jakarta”, ucapnya.

Sementara,kepala Dinas PUTR Sumedng,Nasam melalui Kabid Bina Kontruksi Didi Sumarna menyampaikan, kegiatan uji sertifikasi yang sudah terlaksana dengan baik, tidak hanya semata-mata memiliki sertifikasi, tetapi harapannya adalah implementasi di lapangan dari kegiatan ini bisa dilaksanakan oleh seluruh peserta sehingga nanti kualitas pekerjaan inprastruktur ataupun kualitas kontruksi yang ada di Sumedang kedepan lebih baik lagi.

0 Komentar