KKJ-PKJB 2024: Cara Bank Indonesia Perluas Akses Pasar UMKM

KKJ-PKJB 2024: Cara Bank Indonesia Perluas Akses Pasar UMKM
KKJ-PKJB 2024: Cara Bank Indonesia Perluas Akses Pasar UMKM
0 Komentar

KKJ-PKJB 2024: Cara Bank Indonesia Perluas Akses Pasar UMKM

sumedangekspres— Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat akan kembali menggelar Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) 2024 untuk mendorong akses pasar pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Muhamad Nur mengatakan gelaran yang ke-6 kalinya ini, dirinya menargetkan terjadi transaksi produk UMKM hingga Rp15 miliar.

Jumlah tersebut meningkat pesat dari realisasi gelaran di tahun sebelumnya yang mencapai transaksi Rp2,7 miliar.

Baca Juga:Idul Adha, Sahabat Bang Ara Sumedang Bagikan Ratusan Paket Daging Kurban ke Sejumlah KomunitasMotivator Nasional Dr Aqua Dwipayana  Tegaskan Bekerja dalam Tim yang Kompak

“Kami sudah menyiapkan strategi untuk mencapai target tersebut,” ungkap dia dalam Media Briefing, di Kota Bandung, Rabu (19/6/2024).

Sejumlah strategi tersebut yakni dengan melibatkan 100 UMKM premium yang memroduksi produk yang berdaya saing dan siap dipasarkan.

“Premium itu, adalah UMKM yang ada di Jabar yang telah dibina oleh Bank Indonesia, Pemprov Jabar dan mitra Bank Indonesia yang barangnya sudah siap nersaing dengan daerah dan negara lain. Jadi premium itu bukan masalah harga karna harga pasti terjangkau,” ungkap dia.

Dalam acara ini, pengunjung tidak hanya bisa berbelanja secara langsung di lokasi acara, tapi juga bisa melalui plaftorm market place, salah satunya Tokopedia.

Selain itu, dipilih lokasi yakni Trans Convention Center dan Atrium Trans Studio Mall yang merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbaik di Kota Bandung dengan jumlah pengunjung yang besar.

“Kami juga akyof menginisiasi business matching (BM) promosi perdagangan maupun pembiayaan perbankan bagi UMKM yang turut serta dalam KKJ-PKJB 2024, khususnya pada Bank bjb, BSI, BRI, Mandiri, BCA dan BNI,” jelasnya.

Dalam kegiatan KKJ dan PKJB 2024 ini, serangkaian acara pun akan digelar untuk menarik pengunjung datang dan berbelanja di banyak tenant UMKM.

Baca Juga:Sabara  Berbagi Daging Kurban kepada UMKM SumedangFaank Bangga Bisa Manggung di Sumedang: Kalian Malam Ini Luar Biasa

Soft opening KKJ-PKJB 2024 akan digelar Sabtu 22-23 Juni 2024 di Kawasan Braga Bebas Kendaraan dengan menampilkan puluhan UMKM unggulan Jawa Barat. 

Selanjutnya, opening ceremony KKJ-PKJB 2024 akan digelar pada Jumat (28/6/2024) di Trans Convention Center dan akan dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UMKM, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Perdagangan, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Aida S. Budiman, Ketua Dekranasda Nasional, Wury Maruf Amin, dan Pj. Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin. 

0 Komentar