Inilah Jadwal Tahapan Penyelenggaraan Haji 2025

Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam-Dok. Media Center Haji Indonesia
Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam-Dok. Media Center Haji Indonesia
0 Komentar

sumedangekspres – Pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan kuota haji untuk tahun 1446 H / 2025 M bagi negara-negara pengirim jemaah. Indonesia kembali mendapat kuota sebanyak 221.000 jemaah haji.

Pengumuman itu disampaikan pada Malam Tasyakuran Penutupan Penyelenggaraan Ibadah Haji 1445 H dan Pemberian Kuota 1446 H di Makkah, pada tanggal 19 Juni 2024, atau 12 Zulhijjah 1445 H.

Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi di Makkah, dihadiri oleh para pimpinan delegasi haji dari berbagai negara.

Baca Juga:Bus Pariwisata Bisa Masuk ke Area Masjid Istiqlal di Tengah Maraknya Parkir LiarVoice of Baceprot, Band Metal Asal Garut, Siap Tampil di Glastonbury Festival 2024

“Sesuai dengan pengumuman dan surat resmi yang disampaikan oleh Menteri Haji dan Umrah Tawfiq F Al Rabiah melalui Wakil Kementerian Bidang Urusan Haji ‘Ayed Al Ghuwainim, kepada Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, kuota haji Indonesia tahun depan tetap sama, yaitu 221.000 jemaah,” terang Konsul Haji dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah di Makkah, pada hari Senin, 25 Juni 2024.

Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi di Makkah, dihadiri oleh para pimpinan delegasi haji dari berbagai negara.

“Saya kira ini tradisi baik. Kepastian kuota dan tahapan haji diumumkan lebih awal sehingga proses persiapan juga bisa dilakukan lebih cepat,” ujar Nasrullah.

“Seperti yang kita lihat tahun ini, dengan persiapan yang lebih awal, alhamdulillah penyelenggaraan ibadah haji berjalan dengan lebih baik,” lanjutnya.

Berikut adalah jadwal musim haji tahun 1446 H:

Berikut adalah jadwal musim haji tahun 1446 H:

1. 12 Zulhijjah 1445 H (18 Juni 2024)   – Penyerahan dokumen persiapan awal dan kuota haji   – Aktivasi garansi elektronik   – Aktivasi portofolio keuangan elektronik di Ehaj

2. 1 Rabi’ul Awal 1446 H (4 September 2024)   – Mulai pertemuan persiapan   – Mulai rapat perusahaan penyedia layanan (paket, akomodasi, konsumsi)   – Pemilihan maskapai penerbangan

3. 20 Rabi’ul Tsani 1446 H (23 Oktober 2024)   – Finalisasi hasil serangkaian rapat persiapan   – Mulai tahap kontrak dengan perusahaan penyedia layanan   – Mulai penentuan lokasi penempatan di Masayair

Baca Juga:Taman Safari Sedang Menyelidiki Pengunjung yang diduga Memberi Makan Kuda Nil Dengan SampahNasib Shin Tae-yong di Timnas Indonesia Masih Menjadi Tanda Tanya Besar, Pentingnya Pelatih, Ucap Erik Thohir

Ini adalah jadwal musim haji untuk tahun 1446 H yang mencakup beberapa tahapan persiapan yang harus dilakukan oleh jemaah haji dan penyelenggara.

0 Komentar