Ketika Anxiety Menyerang, Bagaimana Caranya untuk Meredakannya?

Anxiety
Ilustrasi orang sedang cemas dan atau khawatir
0 Komentar

sumedangekspres – Kecemasan atau anxiety adalah perasaan khawatir atau cemas yang tidak terkendali dan berlebihan terhadap banyak hal. Meskipun normal untuk merasa cemas dalam situasi tertentu, bagi orang dengan gangguan kecemasan atau anxiety disorder, perasaan cemas, gelisah, dan pikiran negatif seringkali sulit untuk dikendalikan dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari mereka.

Tips Meredakan Anxiety

1. Tarik napas dalam-dalam:Cobalah untuk menarik napas dalam-dalam agar tubuh terasa lebih rileks dan aktivitas saraf di otak yang menyebabkan rasa cemas dapat berkurang.   – Tarik napas panjang selama 5 detik.   – Tahan napas selama 3 detik.   – Lepaskan napas perlahan-lahan dalam hitungan 5 detik.   Lakukan teknik ini beberapa kali hingga perasaan lebih tenang.

2. Fokus pada aktivitas:Saat merasakan serangan anxiety, pikiran cenderung terganggu dan terfokus pada perasaan negatif.   – Usahakan untuk tidak membiarkan keadaan ini berlarut-larut dan mengambil alih pikiranmu.   – Kembali fokus pada kegiatan yang sedang kamu lakukan.   – Misalnya, jika ada rencana untuk membersihkan rumah atau bertemu teman, tetapkan tujuan dan lakukan dengan penuh perhatian.   – Menghindari diam-diam dan membiarkan kecemasan memburuk.

Baca Juga:H Ronianto, Kadisdik Kabupaten Cirebon, Menegaskan Bahwa Daftar Ulang PPDB Gratis!Pemkot Sudah Raup Rp 24 Miliar, Aksi Boikot Bayar PBB di Kota Cirebon

Dengan menerapkan kedua tips ini secara konsisten, diharapkan dapat membantu meredakan gejala anxiety dan memulihkan keseimbangan emosional.

3. Sediakan waktu untuk diri sendiri:Ini penting untuk mengambil jeda dari hal-hal yang memicu kecemasan agar dapat menenangkan diri.– Matikan ponsel dan coba lakukan meditasi, mandi dengan air hangat, atau pijat untuk mengembalikan ketenangan pikiran.– Setelah merasa lebih tenang, lanjutkan aktivitas sehari-hari seperti biasa.

4. Terapkan metode 3-3-3:Metode ini efektif untuk meredakan anxiety dengan mengalihkan perhatian dari pikiran negatif.– Lihat sekitarmu dan sebutkan tiga benda yang kamu lihat.– Dengarkan dan sebutkan tiga suara yang kamu dengar saat itu.– Gerakkan dan sebutkan tiga bagian tubuhmu dengan santai.Metode ini membantu meredakan anxiety dan mengalihkan fokus pikiran.

5. Cukup makan dan minum:Jaga jadwal makan saat merasa cemas karena kadar gula darah yang rendah dapat memperburuk kecemasan.– Pastikan untuk minum air putih yang cukup untuk mencegah dehidrasi yang dapat membuat jantung berdetak lebih cepat dan memperburuk kondisi kecemasan.

0 Komentar