Pemda Sumedang Luncurkan ILP: Layani Masyarakat Hingga ke Rumah

LUNCURKAN: Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang meluncurkan program Inovasi Layanan Primer (ILP) di Hotel Puri
LUNCURKAN: Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang meluncurkan program Inovasi Layanan Primer (ILP) di Hotel Puri Jatinangor, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres – JATINANGOR – Pemerintah Kabupaten Sumedang telah meluncurkan Program Inovasi Layanan Primer (ILP). Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. 

Program itu dirancang untuk mengintegrasikan layanan primer di puskesmas, sehingga pelayanan kesehatan tidak hanya bersifat represif atau sekadar gratis bagi yang sakit. Tetapi juga bersifat holistik dan komprehensif hingga ke tingkat RW, bahkan ke rumah-rumah warga.

Penjabat (PJ) Bupati Sumedang, Yudia Ramli menyampaikan, bahwa program ILP ini dirancang untuk memastikan pemerintah dapat menjangkau hingga layanan terkecil di komunitas, yaitu keluarga. 

Baca Juga:Dandim 0610/Sumedang Gelar Serah Terima JabatanPemdes Jatihurip Berharap IKD Bisa berlaku di Semua Pelayanan Publik

“Kesehatan model seperti ini bersifat holistik, komprehensif, integral, dan melibatkan partisipasi aktif masyarakat,” ujar Yudia, baru-baru ini. 

Program ILP saat ini belum dijalankan secara serentak, tetapi sudah diterapkan di empat kecamatan sebagai percontohan.

Yudia menambahkan bahwa dengan peluncuran ILP ini, diharapkan kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Sumedang akan semakin meningkat. Program ini juga diharapkan membawa dampak positif yang jelas, dengan efek domino yang melibatkan berbagai sektor. 

“Program ini terintegrasi, semua sektor ikut terlibat, bukan hanya beberapa saja,” tambah Yudia.

Program ILP ini tidak hanya mengandalkan posyandu dan kader kesehatan saja, tetapi juga melibatkan pendamping keluarga. Pendekatan ini menekankan aspek promotif, agar pemerintah daerah tidak hanya menunggu masyarakat datang ke puskesmas, tetapi proaktif mendatangi rumah-rumah warga.

Menurut Yudia, pendekatan ini penting untuk memastikan bahwa setiap warga mendapatkan pelayanan kesehatan yang mereka butuhkan tanpa harus menunggu hingga mereka sakit. 

“Dengan ILP, Pemerintah Kabupaten Sumedang berharap dapat meningkatkan pelayanan sebagai fungsi pemerintah daerah yang wajib hadir di tengah masyarakat,” katanya.

Baca Juga:Desa Cimalaka Gelar Pengajian RutinDPD PSI Sumedang Dukung Bacakada Usungan DPC Gerindra di Pilkada 2024

Pendekatan holistik ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan secara menyeluruh, termasuk pencegahan penyakit dan promosi gaya hidup sehat. Dengan demikian, pemerintah berharap dapat mengurangi angka kejadian penyakit yang dapat dicegah.

Selain itu, program itu juga akan melibatkan berbagai sektor, termasuk pendidikan dan sosial, untuk menciptakan lingkungan yang mendukung kesehatan masyarakat. 

“Kami ingin memastikan bahwa setiap sektor berkontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat Sumedang,” tambah Yudia.

0 Komentar