Tujuh Kriteria Pemimpin Menurut PD Muhammadiyah Kabupaten Sumedang

KATAKAN: Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sumedang Hartono Ikhsan saat mengatakan tujuh krite
KATAKAN: Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sumedang Hartono Ikhsan saat mengatakan tujuh kriteria pemimpin di kantornya, Kamis (18/7).
0 Komentar

sumedangekspres – KOTA – Muhamadiyah mempunyai kriteria sendiri kepemimpinan menjelang Pilkada 2024. Hal tersebut dikatakan Sekretaris Pimpinan Muhammadiyah Kabupaten Sumedang Hartono ikhsan, Kamis (18/7).  

 Dia menyebutkan, bahwa kriteria untuk Bupati yang akan datang sudah disepakati sebanyak tujuh kriteria oleh Muhammadiyah. 

 “Ketujuh kesepakatan yang sudah Muhammadiyah sepakati diantaranya memiliki integritas, memiliki kapabilitas, jiwa merakyat, visioner, jiwa negarawan, memiliki hubungan internasional dan yang terakhir jiwa reformis”, ujarnya. 

Baca Juga:Pemkab Sumedang Segera Uji Coba Makan Siang GratisSatpol PP Sumedang Pastikan Pembongkaran Kios Liar di Jalan Raya Bandung-Garut Bebas Miras dan Obat Terlarang

Pendapat Muhammadiyah yang telah disepakati bersama itu, tentunya menjadi perwakilan dari sebagian besar masyarakat yang berharap pemimpin mempunyai kriteria seperti yang disebutkan. 

“Pemimpin itu harus senantiasa mempunyai integritas, dalam artian satu kata antara lisan dan perbuatan atau biasa disebut konsisten,” tuturnya. 

Selain menjadi pemimpin yang konsisten, Muhammadiyah juga menyarankan dalam kriteria kali ini, agar amanah dalam menjalankan kewajiban sebagai seorang pemimpin. 

Jiwa merakyat dan bernegara juga diperlukan, dalam artian harus mengutamakan kepentingan rakyat dan kepentingan negara terlebih dahulu, dibanding kepentingan pribadi. 

“Pemimpin harus punya jiwa merakyat, peduli rakyat, sayang rakyat, jangan mementingkan kepentingan sendiri nantinya”, tegas Hartono. 

Pembaharuan dan perubahan yang diharapkan kepada pemimpin nantinya, yang tentu saja konteksnya harus semakin berkembang dan semakin maju. (cr2)

0 Komentar