Pantai Batu Hiu Destinasi Wisata Alam Keindahan Laut

Pantai Batu hiu pangandaran
Pantai Batu hiu pangandaran, Istimewa-portal.pangandarankab.go.id
0 Komentar

sumedangekspres – Pantai Batu Hiu adalah destinasi wisata alam yang menawarkan keindahan laut lepas Samudera Hindia dari bukit karang. Disebut sebagai “Tanah Lot nya Jawa Barat,” pantai ini memiliki batu karang menjorok ke tengah laut seperti Tanah Lot di Bali. Salah satu daya tariknya adalah batu karang yang menyerupai ikan hiu, yang memberi nama pantai ini.

Pantai Batu Hiu menjadi favorit wisatawan yang ingin beristirahat sambil menikmati makan siang, dengan hamparan rumput hijau dan vegetasi Pandan Wong yang memberi nuansa teduh. Angin laut yang semilir menambah kenyamanan bagi wisatawan untuk bersantai setelah menjelajahi destinasi lain di Kabupaten Pangandaran.

Selain itu, pantai ini juga populer sebagai lokasi foto pre-wedding karena panorama alamnya yang indah. Terdapat pula situs makam keramat yang terkait dengan cerita rakyat tentang pasukan buangan Kerajaan Mataram yang pernah singgah di sini, yang dipimpin oleh Ki Braja Lintang, yang dikenal dengan Aki Gede dan Nini Gede.

Baca Juga:Penataan Pedestarian di Kota Hanya Bikin MubazirSatpol PP dan Pedagang Terlibat 'Adu Mulut', Terpicu Karena Adanya Penertiban PKL

Tidak jauh dari Pantai Batu Hiu terdapat konservasi penyu yang dikelola oleh Kelompok Pengawas Masyarakat Biota Laut (POKWASMAS) yang didirikan oleh Kang Didin. Lokasi ini dapat dicapai dengan berjalan kaki sekitar ± 150 meter dari Tourist Information Center ke arah barat. Di konservasi penyu ini, wisatawan dapat melihat berbagai jenis penyu seperti penyu hijau, penyu tempayan, dan penyu pipih. Mereka juga memiliki kesempatan untuk ikut serta dalam pelepasan tukik (anak penyu) ke laut lepas ketika tukik tersebut berusia antara 3-5 bulan.

Pantai Batu Hiu terletak di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, sekitar ± 22 km dari Pangandaran, dapat dicapai dalam waktu sekitar 35 menit menggunakan kendaraan. Wisatawan dapat menggunakan angkutan umum dari terminal Pangandaran menuju Gapura Pantai Batu Hiu yang berada di sebelah kiri jalan Raya Pangandaran – Cijulang. Setelah itu, mereka bisa menggunakan becak atau berjalan kaki sekitar 500 meter untuk mencapai Pantai Batu Hiu.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Batu Hiu meliputi toilet, mushola, pendopo, gazebo, tempat parkir, warung makanan dan minuman, toko cendera mata, serta penginapan.

0 Komentar