Sarana dan Prasarana TPSA Cijeruk Belum Memadai

PAPARKAN: Kabid PSPKL DLHK Helmi Hasanudin saat memaparkan mengenai sarana dan prasarana TPSA Cijeruk, Senin (
PAPARKAN: Kabid PSPKL DLHK Helmi Hasanudin saat memaparkan mengenai sarana dan prasarana TPSA Cijeruk, Senin (22/17).
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Dinas Lingkunhan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sumedang menanggapi efektifitas Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Cijeruk. DLHK menilai bahwa efektiftifitas TPSA Cijeruk dari segi sarana dan prasarana yang belum memadai.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan (Kabid PSPKL) Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sumedang Helmi Hasanudin, Senin, (22/7).

“Untuk efektifitasnya sendiri sarana dan prasarana belum lengkap dan tidak memadai, yang pertama yang paling urgent yaitu akses jalan,” ujar Helmi.

Baca Juga:BPBD Kabupaten Sumedang Gencar Lakukan Mitigasi BencanaKunjungan Wisatawan Gunung Kunci Menurun

Karena akses jalan yang ada kurang memadai untuk akses truk sampah dari struktur dan kapasitas jalan.

Adapun pengupayaan yang dilakukan oleh DLHK yaitu mengajak kordinasi dengan SKPD lain yang bersangkutan untuk pengefektifan TPSA.

“Untuk itu kita kordinasi dengan pihak-pihak SKPD lain terkait dengan jalan yang sekarang sedang dibuatkan perencanaan jalan, seperti oleh Dinas PUPR, Bina Marga,serta juga pembebasan lahannya untuk pembuatan Akte Jalan oleh Disperkimtan,” ucap Helmi.

Bisa disebut tidak memadai karena tidak hanya akses jalan yang menjadikan TPSA cijeruk sampai saat ini belum efektif.

“Karena juga itukan konsepnya harus ada peralatan juga seperti alat kebersihan dan juga alat berat untuk pengelolaan sampah di area lokasi TPSA,” tutur Helmi.

Sampai saat ini hanya bisa sampai kesiapan TPSA saja belum bisa dioperasionalkan karena kendala-kendala yang belum diselesaikan. (cr2)

0 Komentar