Mangga Gedong Gincu Siap Diekspor

RAPAT: Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli saat menerima kunjungan tim Injabar Unpad di Ruang Kerjanya, Rabu (24/7)
BERBINCANG: Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli saat menerima kunjungan tim Injabar Unpad di Ruang Kerjanya, Rabu (24/7).
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli yang didampingi Pj Sekda Tuti Ruswati menerima kunjungan tim Injabar Unpad di Ruang Kerjanya, Rabu (24/7).  Kunjungan tersebut membahas rencana percepatan ekspor mangga gedong gincu ke Jepang.

Menurut Yudia, Pemda Sumedang siap untuk segera merealisasikan ekspor mangga gedong gincu ke Jepang. 

“Pemda Sumedang bersama Injabar Unpad akan siap mengekspor mangga gedong gincu ke Jepang. Dalam pertemuan tadi, kami membahas terkait bagaimana Sumedang bisa menyediakan mangga gedong gincu secara kontinyu,” ujar Yudia.

Baca Juga:Jaga Kesehatan, Persit Kodim 0610/Sumedang Gelar Senam PagiPemda Sumedang Fokus Tangani Miskin Ekstrem dan Stunting

Yudia menyebutkan, langkah yang akan dilakukan oleh Pemda Sumedang diantaranya adalah menyiapkan pembinaan terhadap petani mangga gedong gincu. 

“Nanti kalau sudah disiapkan buyernya kemudian juga konsorsiumnya, maka Pemda akan menyiapkan pembinaan terhadap para petaninya,” ujarnya.

Ekspor mangga gedong gincu rencananya dimulai November 2024. 

“Manfaat dari ekspor ini, selain untuk meningkatkan pendapatan para petani, juga bisa memberdayakan petani gedong gincu untuk lebih diajarkan terkait dengan perdagangan modern, nantinya para petani akan diajarkan bagaimana mempersiapkan ini semua, dan bagaimana memelihara kualitas mangga gedong gincu supaya lebih bisa diterima oleh negara-negara lain,” tuturnya.

Selain itu Yudia mengungkapkan, saat ini Kabupaten Sumedang sedang gencar-gencarnya melaksanakan program penghapusan kemiskinan ekstrem. 

“Karena saat ini sedang getol untuk menghapuskan kemiskinan ekstrem. Saya berharap dengan ekspor ini para petani akan sejahtera, dan pertumbuhan ekonomi di Sumedang bisa meningkat,” katanya. (red)

0 Komentar