Program Aktivasi IKD di Kabupaten Sumedang Capai 50 Persen

JELASKAN: Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Disdukcapil, Rusy
JELASKAN: Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Disdukcapil, Rusyana saat menyampaikan progres aktivasi IKD di kantornya, Kamis (15/8).
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Program Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Kabupaten Sumedang terus digencarkan agar dapat terealisasi secara menyeluruh di berbagai wilayah. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Disdukcapil, Rusyana, Kamis (15/8).

Menurut Rusyana, program tersebut telah lama diprogramkan oleh pemerintah, dan manfaatnya akan dirasakan masyarakat setelah melakukan aktivasi IKD. Ia menyebutkan bahwa tim dari Disdukcapil sudah turun langsung ke berbagai kecamatan di Kabupaten Sumedang untuk memantau pelaksanaan program tersebut.

“Progres program IKD ini sudah mencapai hampir 50 persen. Realisasi sudah mencakup sebagian besar wilayah, dan kini tinggal mengoptimalkan aktivasi di beberapa kecamatan agar bisa mencapai target menyeluruh,” ungkapnya.

Baca Juga:AKD DPRD Sumedang Periode 2024-2029 Akan Dibentuk Usai Penetapan Pimpinan DefinitifKades Licin Minta Revisi Data KPM Bantuan Beras

Rusyana juga menekankan pentingnya aktivasi IKD bagi masyarakat. “Dengan IKD, masyarakat tidak perlu khawatir jika lupa membawa identitas fisik, karena identitas digital dapat ditunjukkan melalui ponsel masing-masing,” jelasnya.

Ia mengimbau, seluruh masyarakat Kabupaten Sumedang untuk segera mengaktifkan IKD dengan mendatangi kecamatan terdekat, di mana petugas siap membantu proses aktivasi.

“Mari kita semua berpartisipasi dalam program pemerintah, termasuk IKD ini,” ajaknya.

Adapun syarat untuk melakukan aktivasi IKD adalah menggunakan perangkat Android dengan sistem operasi minimal versi 7 serta jaringan internet yang memadai. (cr1)

0 Komentar