Dr Aqua Dwipayana: Tantangan Potensial yang Dihadapi Prajurit Guskamla Koarmada II dalam Menjalankan Tugasnya

Dr Aqua Dwipayana: Tantangan Potensial yang Dihadapi Prajurit Guskamla Koarmada II dalam Menjalankan Tugasnya
Dr Aqua Dwipayana: Tantangan Potensial yang Dihadapi Prajurit Guskamla Koarmada II dalam Menjalankan Tugasnya
0 Komentar

sumedangekspres – Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana mengungkapkan tantangan spesifik yang dihadapi oleh prajurit Gugus Keamanan Laut Komando Armada (Guskamla Koarmada) II. Beberapa tantangan yang mungkin dihadapi di antaranya musuh potensial dilengkapi dengan teknologi militer yang semakin canggih, seperti senjata presisi tinggi, sistem pertahanan udara yang kuat, dan perang siber.

“Kemudian, tugas-tugas yang berat, seperti patroli laut dalam waktu yang lama dan risiko terpapar cuaca ekstrem, dapat memengaruhi kondisi psikologis prajurit. Juga, musuh seringkali menggunakan propaganda dan disinformasi untuk melemahkan moral prajurit dan memecah belah kesatuan. Atau perubahan iklim dapat berdampak pada operasi militer di laut, serta memicu konflik sumber daya alam,” ucap Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat tersebut.

Dr Aqua Dwipayana melengkapkan kehadirannya bersama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) di Provinsi Sulawesi Utara dengan menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada jajaran Gugus Keamanan Laut Komando Armada (Guskamla Koarmada) II pada Kamis 24 Juli 2024.

Baca Juga:KDRT Bukan Cuma Dipukuli, Beikut Bentuk KDRT yang Sering Dianggap Spele dan Bisa Dijerat HukumPasti Sakit Banget! Bocah Ini Kemaluannya Terjepit Resleting Hingga Damkar Turun Tangan untuk Bantu

Doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran tersebut menyampaikan materi sharing bertajuk “Memperkuat Moralitas Prajurit Guskamla Koarmada II dalam Menghadapi Dinamika Tantangan Global” di Ruang Serbaguna Mako Guskamla Koarmada II Jalan Dr Sam Ratulangi No. 45 Kelurahan Bitung Barat Dua, Kecamatan Maesa, Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara.

Guskamla Koarmada II merupakan satuan pelaksana Operasi Koarmada II dalam rangka melaksanakan penegakan hukum dan kedaulatan di wilayah perairan Indonesia tengah.

Operasi yang dilaksanakan meliputi Operasi keamanan laut, Operasi pengamanan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI), Operasi keamanan laut bersama dengan Malaysia dan Filipina.

Dalam paparannya, Dr Aqua Dwipayana mengungkapkan mengenai pentingnya menjaga moralitas dan profesionalisme para personel Guskamla Koarmda II saat melaksanakan tugas. Selain itu, mereka juga mesti dibekali pengetahuan tentang perkembangan teknologi militer terkini serta strategi menghadapi ancaman non-militer seperti propaganda dan disinformasi.

“Moralitas yang tinggi adalah kunci keberhasilan dalam menjalankan tugas. Dengan moral yang kuat, prajurit akan mampu menghadapi segala tantangan dengan penuh keyakinan dan semangat juang yang tinggi,” ungkap Dr Aqua Dwipayana yang memiliki jejaring pertemanan sangat luas tersebut.

0 Komentar