Manfaat Skinship untuk Tubuh yang Merujuk pada Interaksi Fisik Langsung Antara Kulit

merujuk pada interaksi fisik langsung antara kulit
merujuk pada interaksi fisik langsung antara kulit
0 Komentar

sumedangekspres – Skinship adalah istilah yang merujuk pada interaksi fisik langsung antara kulit dengan kulit sebagai bentuk ungkapan kasih sayang dan kedekatan emosional.

Aktivitas ini mencakup berbagai bentuk sentuhan, seperti pegangan tangan, usapan, pelukan, dan kecupan. Meskipun skinship dapat memperkuat ikatan emosional dan menawarkan manfaat psikologis, penting untuk selalu mempertimbangkan kenyamanan dan batasan orang lain sebelum melakukannya. Asal-usul istilah ini berasal dari Jepang, namun sekarang telah populer di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Aktivitas skinship dilakukan untuk menggambarkan ikatan emosional atau kedekatan dalam suatu hubungan. Namun, skinship tidak terbatas pada hubungan romantis antara pasangan saja; aktivitas ini juga berlaku dalam hubungan antara orang tua dan anak, kakak dan adik, maupun teman dekat.

Manfaat Skinship untuk Tubuh

Baca Juga:Selain Fungsi Utamanya, plasenta atau Ari-ari Bayi Juga Memiliki Beberapa Peran PentingCiri-Ciri Anak Stunting yang Perlu Diperhatikan

Skinship, atau sentuhan fisik, memiliki manfaat yang luas dan tidak hanya berlaku untuk hubungan romantis. Berikut adalah beberapa manfaat skinship dengan orang tersayang:

1. Meredakan StresSentuhan fisik, seperti genggaman tangan, dapat menurunkan kadar kortisol, hormon stres. Ini berdampak pada detak jantung yang lebih teratur, tekanan darah yang menurun, dan berkurangnya tingkat stres. Skinship juga dapat memberikan dukungan emosional, membantu kamu merasa lebih semangat menghadapi masalah.

2. Mengusir KesepianSesekali menyendiri dapat membantu berpikir lebih jernih, namun kesepian yang berkepanjangan bisa meningkatkan risiko depresi. Berinteraksi dengan orang lain, seperti curhat atau melakukan skinship dengan orang terdekat, dapat membantu mengatasi rasa kesepian.

3. Menenangkan PikiranSkinship dapat menurunkan stres dan menenangkan irama jantung, yang membantu membuat diri lebih tenang. Penelitian menunjukkan bahwa sentuhan fisik dapat memperbaiki mood dan meningkatkan kualitas tidur.

4. Mempererat HubunganMelakukan skinship dengan orang tersayang dapat memperkuat ikatan emosional karena sentuhan fisik meningkatkan kadar hormon oksitosin, yang membuat kamu merasa lebih bahagia dan dekat dengan orang tersebut.

5. Mengurangi Rasa NyeriCedera atau stres dapat menyebabkan nyeri pada tubuh. Selain istirahat dan obat, skinship juga dapat membantu mengurangi nyeri karena meningkatkan kadar hormon endorfin, pereda nyeri alami. Misalnya, pijatan dapat menjadi bentuk skinship yang efektif.

0 Komentar