Peduli Lingkungan Rendah, Sampah Kotori Sungai Cimanuk Talun

BERSERAKAN: Sampah di Sungai Cimanuk Kelurahan Talun, Kecamatan Sumedang Utara, Selasa (20/8).
BERSERAKAN: Sampah di Sungai Cimanuk Kelurahan Talun, Kecamatan Sumedang Utara, Selasa (20/8).
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Sampah kembali menumpuk di Sungai Cimanuk Talun, yang terletak di Kelurahan Talun, Kecamatan Sumedang Utara, pada Selasa (20/8). Meskipun sudah sering diingatkan, masih ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan ke sungai, termasuk ke Sungai Cimanuk di kawasan Talun.

Kondisi tersebut menimbulkan kekhawatiran karena semakin banyaknya sampah yang dibuang ke sungai dapat menghambat aliran air. Hal itu berpotensi menyebabkan banjir dan mencemari lingkungan sekitar.

Salah satu warga setempat, Fazrin Fahruzi, memberikan keterangan saat diwawancarai.

“Saya sering melihat bukan warga sekitar yang membuang sampah ke sungai, tetapi pengendara yang melintas sering kali sengaja membuang sampah saat melewati jembatan ini,” ujar Fazrin.

Baca Juga:Warga Desa Cibeusi Gelar Karnaval Meriahkan Hari Kemerdekaan Ke-79Amankan Pilkada, Polres Sumedang Apel Gelar Pasukan

Fazrin menambahkan, bahwa permasalahan tersebut bukan hanya disebabkan oleh warga setempat, tetapi juga oleh para pengendara yang melintas dan membuang sampah sembarangan. Jika tidak segera ditangani, tumpukan sampah di sungai bisa semakin parah dan menyebabkan berbagai masalah, termasuk pencemaran air serta tersumbatnya saluran air.

Pengelolaan sampah yang buruk berpotensi mencemari lingkungan dan menimbulkan berbagai masalah di sungai-sungai di Sumedang. Menurut Fazrin, salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk mengurangi kebiasaan buruk tersebut adalah dengan memasang plang larangan membuang sampah di jembatan tersebut. Namun, upaya tersebut tak kunjung terlaksana.

“Sebenarnya, saya berharap bisa memasang plang larangan membuang sampah ke sungai di jembatan itu bersama warga lainnya. Mungkin itu bisa membantu mengurangi pembuangan sampah sembarangan,” pungkas Fazrin. (cr2)

0 Komentar