Dari 10 TPH, Hanya Sisa 6 yang Masih Beroperasi, Pemkab Sumedang Dorong Pembangunan RPH di Rancamulya

Dari 10 TPH, Hanya Sisa 6 yang Masih Beroperasi, Pemkab Sumedang Dorong Pembangunan RPH di Rancamulya
Dari 10 TPH, Hanya Sisa 6 yang Masih Beroperasi, Pemkab Sumedang Dorong Pembangunan RPH di Rancamulya
0 Komentar

Pj Bupati Yudia Tinjau Calon Lokasi RPH di Rancapurut

SUMEDANGEKSPRES – Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang terus mendorong agar Rumah Potong Hewan (RPH) bersertifikat halal agar bisa terealisasi.

Untuk itu, Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli meninjau langsung calon lokasi RPH yang berlokasi di Desa Rancamulya, Kecamatan Sumedang Utara, Selasa (27/08/2024).

Yudia menjelaskan, Pemkab Sumedang memiliki 10 Tempat Pemotongan Hewan (TPH) berkualitas yang tersebar di seluruh wilayah di Sumedang.

Baca Juga:Disdik  Juarai Lomba Paduan Suara Mars Sumedang, Begitu Juga dengan Kecamatan CimalakaBunda Harus Tahu, Mulai 2 September Makan Siang Bergizi Akan Diuji Cobakan kepada Anak SD di Sumedang

“Dari sekitar 10 TPH yang tersebar di wilayah Kabupaten Sumedang, yang masih beroperasi ada 6 TPH,” jelas Yudia.

Dikatakan, rencana pembangunan RPH tersebut merupakan langkah konkret dalam mewujudkan visi Sumedang yang agamis dimana daging yang dihasilkan benar-benar halal.

Yudia menyebutkan, kehadiran RPH Halal sangat dinanti oleh para pelaku UMKM untuk pengurusan sertifikat halal produk mereka.

“Pengusaha UMKM kita tidak bisa mendaftarkan sertifikat halal kalau di Sumedang belum ada RPH yang bersertifikat halal,” ujarnya.

Masih dikatakan Yudia, Pemkab Sumedang sedang menginvetarisir TPH yang belum atau yang sudah memiliki sertifikat halal.

“Kami akan memberikan bantuan kepada semua TPH agar memiliki sertifikat halal,” ucap Yudia

Ditambahkan Yudia, Pemkab Sumedang juga melakukan Pelatihan bagi para Juru Sembelih Halal (Juleha) untuk mendukung rencana pembangunan Rumah Potong Hewan (RPH) bersertifikat halal, di Kabupaten Sumedang.

Baca Juga:Sembilan Partai Non Parlemen Deklarasi Dukungan KDM-Erwan Maju Pilgub Jabar Benarkah Erwan Melenggang ke Jabar? Ini Pernyataan Bos Persib Umuh Muchtar

“Jadi, setelah diberikan pelatihan, Juleha ini nantinya akan ditugaskan untuk melatih juru-juru sembelih lainnya. Supaya semua juru sembelih di wilayah Kabupaten Sumedang nantinya dapat mengetahui bagaimana cara (red)

0 Komentar