Pemkab Sumedang Pastikan Uji Coba Makan Siang Bergizi Berjalan Baik, Pj Bupati Turun Gunung

Pemkab Sumedang Pastikan Uji Coba Makan Siang Bergizi Berjalan Baik, Pj Bupati Turun Gunung
Pemkab Sumedang Pastikan Uji Coba Makan Siang Bergizi Berjalan Baik, Pj Bupati Turun Gunung
0 Komentar

Pastikan Uji Coba Makan Siang Bergizi Berjalan Baik, Pj Bupati Yudia Ramli Tinjau Lokasi

SUMEDANGEKSPRES – Untuk memastikan kesiapan Uji Coba Program Makan Siang Bergizi, Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli meninjau SDN Pamoyanan Desa Cipicung Kecamatan Jatigede yang menjadi lokus kegiatan, Selasa (27/8)

“Saya mengunjungi SDN Pamoyanan di Desa Cipicung Kecamatan Jatigede ingin mengecek (kesiapan) lokus untuk uji coba makan siang bergizi,” ucapnya.

Baca Juga:Dari 10 TPH, Hanya Sisa 6 yang Masih Beroperasi, Pemkab Sumedang Dorong Pembangunan RPH di RancamulyaDisdik  Juarai Lomba Paduan Suara Mars Sumedang, Begitu Juga dengan Kecamatan Cimalaka

Selain SDN Pamoyanan, lanjutnya, yang menjadi lokus uji coba program tersebut ada di Kecamatan Jatinangor yakni SDN Sirahcai.

“Kita akan laksanakan selama dua bulan untuk dua SD di Kabupaten Sumedang. Pertama SDN Sirahcai, Desa Cisempur Kecamatan Jatinangor. Kedua SDN Pamoyanan Desa Cipicung Jatigede,” kata Yudia.

Yudia menyebutkan, uji coba akan dilaksanakan mulai September sampai dengan Oktober tahun 2024.

“Ini akan kita laksanakan dua skema. Skema partisifatif dari dunia usaha, agnia dan BUMD dan BUMN. Skema kedua dari APBD,” ucapnya.

Dikatakan, kedua skema tersebut sudah tersedia dananya dan perlu dilakukan secara serius oleh seluruh pemangku kepentingan.

“Fokus kepada seluruh perangkat daerah bersama Forkopimda, Forkopimcam, TP PKK dan kepala sekolah, juga guru. Karena uji coba ini akan terus menerus dalam waktu dua bulan,” kata Yudia.

Yudia menyebutkan, murid yang akan mendapatkan Makan Siang Bergizi di Sumedang ada sekitar 420 siswa.

Baca Juga:Bunda Harus Tahu, Mulai 2 September Makan Siang Bergizi Akan Diuji Cobakan kepada Anak SD di SumedangSembilan Partai Non Parlemen Deklarasi Dukungan KDM-Erwan Maju Pilgub Jabar 

“Saya ingin memastikan dimana ketika makanan telah ada, tempat penyimpanannya dimana. Dimana letak dapurnya. Karena itu akan menentukan higienis atau tidaknya makanan. Jangan ditempatkan di tempat yang tidak higenis,” ujarnya.

Yudia mengapresiasi kepada semua pihak yang saat ini fokus dalam rencana uji coba makan siang bergizi.

“Tinggal nanti memastikan launching di Jatigede apa di Jatinangor. Kita perlu bicarakan kembali,” tuturnya.

Uji coba tersebut, kata Yudia, sebenarnya sebuah persiapan besar menyambut Tahun 2025 pada pemerintahan yang baru hasil Pemilu.

“Ini kalau berhasil alhamdulillah, bisa direplikasi di Jawa Barat atau nasional. Menjadi contoh baik, good practice dari pelaksanaan ini,” tuturnya.

Yudi berharap, program makan siang bergizi ini ada efek dominonya atau multiflier effect kepada anak-anak sekolah.

0 Komentar