Ratusan Siswa di Dua Sekolah Dasar ini Siap- siap Dapat Jatah Makan Siang Bergizi

Ratusan Siswa di Dua Sekolah Dasar ini Siap- siap Dapat Jatah Makan Siang Bergizi
Ratusan Siswa di Dua Sekolah Dasar ini Siap- siap Dapat Jatah Makan Siang Bergizi
0 Komentar

Pj Bupati Sumedang Tinjau Uji Coba Program Makan Siang Bergizi

SUMEDANGEKSPRES – Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli beserta beberapa kepala OPD mengunjungi SDN Sirahcai, Desa Cisempur, Kecamatan Jatinangor yang menggelar uji coba program makan siang bergizi, Selasa (27/8/2024). SDN Sirahcai merupakan salah satu dari dua lokasi yang dijadikan uji coba awal sebelum diterapkan secara lebih luas di seluruh Kabupaten Sumedang.

Dalam kunjungannya, Pj Bupati Yudia melihat kesiapan bagaimana program ini dapat diimplementasikan, mulai dari sarana prasarana dan mendengarkn langsung masukan dari kepala sekola dan para guru. “Kami sengaja meninjau untuk melihat kesiapan fisik untuk makan siang bergizi. Mulai dari sarana prasarana, akan terus pantau dan evaluasi program ini agar semakin efektif dan sesuai dengan kebutuhan para siswa,” kata Pj Bupati Yudia.

Program makan siang bergizi bertujuan untuk meningkatkan gizi dan kesehatan anak-anak, serta mendukung perkembangan mereka dalam kegiatan belajar. “Peningkatan gizi anak-anak merupakan investasi penting bagi masa depan bangsa. Kami harapkan ini dapat membantu menciptakan generasi yang sehat, cerdas,” ujar Yudia Ramli.

Baca Juga:Pemkab Sumedang Pastikan Uji Coba Makan Siang Bergizi Berjalan Baik, Pj Bupati Turun GunungDari 10 TPH, Hanya Sisa 6 yang Masih Beroperasi, Pemkab Sumedang Dorong Pembangunan RPH di Rancamulya

Menurut Pj Bupati Yudia, uji coba program ini rencananya dimulai tanggal 2 September sampai Oktober dengan melibatkan tim pemantau dari Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan. “Pemerintah daerah berharap, dengan adanya program ini angka malnutrisi di kalangan anak-anak sekolah dapat ditekan, serta prestasi akademis mereka dapat meningkat,” katanya.

Kepala Sekolah SDN Sirahcai Devi Hadipuspita mengatakan, dalam pelaksanaan program ini, pihak sekolah merupakan penerima manfaat saja. Ia mengatakan, seluruh pengadaan makanan oleh PKK Kecamatan. “Kami hanya menerima kemudian mendistribusikan kepada anak-anak dan membuat laporan,”ujarnya.

Devi menjelaskan, pemberian menu makanan bergizi ini memenuhi unsur empat sehat lima sempurna mulai dari kandungan karbohidrat, protein, sayur-mayur, buah-buahan hingga susu untuk setiap harinya. Ia mengatakan, pihaknya merespon positif program yang dilaksanakan karena sangat membantu para siswa yang kurang mampu. “Ada 266 siswa yang mendapat manfaat program makanan siang bergizi di sekolah kami. Program ini tentunya sangat membantu sekali anak-anak yang kurang mampu dan anak-anak broken home yang sudah ditinggalkan oleh orang tuanya,” ujarnya. [*]

0 Komentar