Aktivasi IKD di Desa Serang Cimalaka Capai 100 Persen

SOSOK: Kepala Desa Serang Cimalaka yang juga sebagai Ketua DPC Apdesi Kabupaten Sumedang, Welly Sanjaya, S.P.
SOSOK: Kepala Desa Serang Cimalaka yang juga sebagai Ketua DPC Apdesi Kabupaten Sumedang, Welly Sanjaya, S.P.
0 Komentar

sumedangekspres, CIMALAKA – Program Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau Digital ID yang digulirkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Program tersebut digulirkan melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) terus berjalan di berbagai kelurahan dan desa.

Di Desa Serang, Kecamatan Cimalaka, program IKD mencapai target 100 persen pada Selasa (3/9), menjadikannya desa dengan capaian tertinggi di antara 14 desa di Kecamatan Cimalaka. Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Serang, yang juga menjabat sebagai Ketua DPC Apdesi Kabupaten Sumedang, Welly Sanjaya, S P, kepada Sumeks, kemarin.

Welly menjelaskan bahwa keberhasilan ini tidak lepas dari sinergi yang baik antara semua lembaga di Desa Serang.

Baca Juga:Rumah Sakit Hewan Unpad Siap Beroperasi,  Pj Bupati: Langkah Besar Pelayanan Kesehatan Hewan di SumedangDPC Apdesi Sumedang Minta Pemimpin Baru Harus Berpihak Pada Desa

“Alhamdulillah, capaian program IKD di Desa Serang telah mencapai 100 persen. Keberhasilan ini berkat sinergi dari semua pihak, mulai dari para Ketua RT dan RW hingga bagian pelayanan desa,” ujar Welly.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa sosialisasi dan edukasi mengenai program IKD terus digalakkan, bahkan dalam proses aktivasi, pihaknya terjun langsung ke lapangan dengan sistem jemput bola.

“Kami tetap melaksanakan sosialisasi dan aktivasi IKD, terutama pada momen kegiatan di desa yang melibatkan banyak masyarakat,” katanya.

“Kadang-kadang, kami juga langsung mendatangi rumah-rumah penduduk, misalnya saat kegiatan posyandu, untuk memastikan warga mengikuti program ini,” tambahnya.

Welly juga mengakui, bahwa ada beberapa kendala dalam melaksanakan aktivasi IKD di lapangan, namun pihaknya terus berupaya agar masyarakat dapat mengikuti program pemerintah tersebut.

“Setiap program pemerintah pasti memiliki tantangan di lapangan, tetapi kami terus berusaha melakukan sosialisasi dan edukasi agar masyarakat dapat mengikuti program ini,” jelas Welly.

Ia pun bersyukur atas upaya yang telah dilakukan, yang berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat di desanya.

Baca Juga:KPU Sumedang Terima Berkas Hasil Cek Kesehatan Paslon Cabup dan CawabupSudah Buron, Maling Angkot di Jatinangor Masih Nekat Nyolong

“Alhamdulillah, berkat upaya semua pihak, kesadaran masyarakat di Desa Serang terus tumbuh dan meningkat untuk mengikuti era transformasi digital. Hal ini terlihat dari antusiasme masyarakat mengikuti program IKD, yang nantinya akan mempermudah mereka dalam mendapatkan pelayanan kependudukan secara digital,” ungkapnya.

Sebagai Ketua DPC Apdesi Kabupaten Sumedang, Welly juga mengimbau agar semua desa di Kabupaten Sumedang mengoptimalkan target aktivasi program IKD.

0 Komentar